ANAK DOMBA ALLAH




GELAR 'ANAK DOMBA ALLAH' BAGI TUHAN YESUS 

Figur "Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia" adalah pusat dari seluruh theologi Kristen, dan merupakan "leitmotifs" Kekristenan.

Apa yang Yohanes Pembabtis maksud dengan kata-kata "inilah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia" ini? Yohanes Pembabtis tahu dari kedua orang tuanya, Imam Zakharia dan Elisabet, kelahiran Yesus Kristus tidak berada di tempat biasa, tetapi kawasan khusus Migdal Eder (Ibrani: מִגְדַּל־עֵֽדֶר - MIG'DAL-EDER, artinya: menara kawanan domba, Kejadian 35:21, Mikha 4:8, 5:1), di Betlehem - Efrata.

Gelar "Anak Domba Allah" tidak bisa tidak - dan jelas terkait dengan tempat kelahiran-Nya di tempat khusus - Kandang Domba Khusus untuk Domba-domba Korban Pengampunan Dosa - Semuanya ini menjadi jelas sebagai petunjuk, bahwa Yesus Kristus-lah yang menggenapi segala korban-korban yang setiap hari dipasok dari Bethlehem ke Bait Allah. Sehingga setelah kematian-Nya di kayu Salib, tidak diperlukan lagi korban-korban pengampunan dosa. Secara historis, 40tahun setelah kematian-Nya, Bait Allah di Yerusalem runtuh (pada tahun 70 Masehi), praktis setelah peristiwa itu, tidak pernah lagi ada korban persembahan hingga hari ini.

Tuhan Yesus adalah Anak Domba yang disediakan Allah untuk dikorbankan sebagai pengganti orang berdosa. Melalui kematian-Nya, Tuhan Yesus memungkinkan penghapusan kesalahan dan kuasa dosa dan membuka jalan kepada Allah bagi seluruh dunia :

Yohanes 1:29, 36

LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world.

TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμου

Translit. interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah/ lihatlah, verb - aorist active middle - second person singular } ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang mengangkat/ menanggung/ menyingkirkan, verb - present active participle - nominative singular masculine} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}

OJB, On the next day, Yochanan sees Yehoshua coming to him, and Yochanan says, Hinei! The Seh HaElohim (Gn 22:8; Ex 12:5-13; Isa 53:7), the one carrying away the avonot HaOlam Hazeh (sins of this world i.e., as the sa’ir l’Azazel kapporah, Isa 53:6 7,12; Lv 16:22).

Ha-Berit,

וַיְהִי מִמָּחֲרָת וַיַּרְא יוֹחָנָן אֶת־יֵשׁוּעַ בָּא אֵלָיו וַיֹּאמַר הִנֵּה שֵׂה הָאֱלֹהִים הַנֹּשֵׂא חַטַּאת הָעוֹלָם׃

Translit interlinear, VAYEHI MIMAKHARAT {dan di hari yang kemudian} VAYAR {dia telah melihat} YOKHANAN {yohanes} 'ET-YESHUA {kepada Yesus} BA {yang telah tiba} 'ELAV {kepadanya} VAYOMER {dan dia berkata} HINEH {inilah} SEH {Anak Domba} HA'ELOHIM {Allah} HANOSE {yang mengangkat/ yang membawa pergi/ yang menyingkirkan} KHATA'AT {dosa dari} HA'OLAM {dunia}

Dan, sekali lagi Yohanes Pembaptis mengulangi kesaksiannya:

1:36 LAI TB, Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

KJV, And looking upon Jesus as he walked, he saith, Behold the Lamb of God!

TR, και εμβλεψας τω ιησου περιπατουντι λεγει ιδε ο αμνος του θεου

Translit interlinear, kai {dan} emblepsas {ketika ia melihat} tô iêsou {kepada Yesus} peripatounti {ketika Dia lewat} legei {Dia berkata} ide {lihatlah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah}

OJB, And as Yochanan watched Yehoshua walking by, Yochanan says, Hinei the Seh HaElohim! (Gn 22:8; Ex 12:5-13; Isa 53:7)

Ha-Berit,

וַיַּבֵּט אֶל־יֵשׁוּעַ וְהוּא מִתְהַלֵּךְ וַיֹּאמַר הִנֵּה שֵׂה הָאֱלֹהִים׃

Translit interlinear, VAYABET {Dan ketika ia tekah melihat} 'EL-YESHUA {pada Yesus} VEHU {ketika Ia} MIT'HALEKH {Ia sedang berjalan-jalan (lewat)} VAYOMER {dan dia berkata} HINEH {lihatlah} SHEH {Anak Domba} HA'ELOHIM {Allah}

Gelar 'Anak Domba Allah' adalah gelar Yesus yang paling khas dan istimewa dalam Kitab Wahyu yang muncul sebanyak 28 KALI. Anak Domba menggabungkan ciri-ciri paradoksal, yaitu yang sudah disembelih dan disalibkan :

Wahyu 5:6

LAI TB, Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.

KJV, And I beheld, and, lo, in the midst of the throne and of the four beasts, and in the midst of the elders, stood a Lamb as it had been slain, having seven horns and seven eyes, which are the seven Spirits of God sent forth into all the earth.

TR, και ειδον και ιδου εν μεσω του θρονου και των τεσσαρων ζωων και εν μεσω των πρεσβυτερων αρνιον εστηκος ως εσφαγμενον εχον κερατα επτα και οφθαλμους επτα οι εισιν τα επτα του θεου πνευματα τα απεσταλμενα εις πασαν την γην

Translit. interlinear, kai {lalu} eidon {aku melihat} kai {dan} idou {menyaksikan} en {di} mesô {antara} tou {itu} thronou {takhta} kai {dan} tôn {itu} tessarôn {empat} zôôn {makhluk-makhluk} kai {dan} en {di} mesô {tengah-tengah} tôn presbuterôn {para tua-tua} arnion {Anak Domba} estêkos {berdiri} hôs {seperti} esphagmenon {telah tersembelih} ekhon {(yang) mempunyai} kerata {tanduk-tanduk} epta {tujuh} kai {dan} ophthalmous {mata} epta {tujuh} hoi eisin {yaitu} ta hepta {tujuh} tou theou {(dari) Allah} pneumata {roh-roh} ta apestalêna {yang telah diutus pergi} eis {ke} pasan {seluruh} tên gên {bumi}

Note:

lihat bahasan: V.C. ANAK DOMBA BERTANDUK TUJUH & BERMATA TUJUH (Wahyu 5:6-7)

Kematian Yesus bukanlah "kematian martir" yang bermakna "mati demi mempertahankan kebenaran dan bertahan terhadap pemaksaan dari musuh-musuh Tuhan hingga akhir hayatnya". Seseorang bisa saja menjadi martir "sebagai tanda cinta kepada Tuhan dan kebenaranNya", sehingga ia dibunuh dalam kemartiran dimana Tuhanlah yang menjadi pusat pembaktiannya.

Namun kematian Yesus adalah KEMATIAN-KURBAN, dimana seseorang merelakan jiwanya sendiri untuk dikorbankan (masih bisa dihindari , tetapi ia merelakan) demi kasih yang begitu besar untuk menyelamatkan jiwa-jiwa orang yang dikasihinya. Inilah sebuah kematian "tukar-guling" yang merupakan "win-win solution" (semua pihak diuntungkan) demi menebus kematian para kekasihnya.

Jenis kematian diatas, total berlandaskan kasih, dan tidak diselewengkan dengan dalil-dalil manusia yang melekatkan kebencian dan dendam atas nama Tuhan atau ‘perjuangan’ :

1 Korintus 13:3

LAI TB, Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

KJV, And though I bestow all my goods to feed the poor, and though I give my body to be burned, and have not charity, it profiteth me nothing.

TR, και εαν ψωμισω παντα τα υπαρχοντα μου και εαν παραδω το σωμα μου ινα καυθησωμαι αγαπην δε μη εχω ουδεν ωφελουμαι

Translit. interlinear, kai {dan} ean {jika} psômisô {aku membagikan/ mendermakan} panta {semua} ta {(barang-barang yang)} huparkhonta {menjadi milik} mou {-ku} kai {lalu} ean {jikalau} paradô {aku menyerahkan} to sôma {tubuh} mou {ku} hina {supaya} kauthêsômai {aku menyombongkan diri} agapên {kasih} de {tetapi} mê {tidak} ekhô {aku mempunyai} ouden {sama sekali tidak} ôpheloumai {aku diberi faedah}

Yakobus 1:20

LAI TB, sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.

KJV, For the wrath of man worketh not the righteousness of God.

TR, οργη γαρ ανδρος δικαιοσυνην θεου ου κατεργαζεται

Trasnlit. interlienar, orgê {kemarahan} gar {sebab} andros {manusia} dikaiosunên {apa yang benar/ keadilan} theou {(dihadapan)Allah} ou {tidak} katergazetai {melakukan/ menghasilkan}

Anak Domba Allah itu adalah Tuhan yang patut disembah :

Wahyu 5:8

LAI TB, Ketika Ia mengambil gulungan kitab itu, tersungkurlah keempat makhluk dan kedua puluh empat tua-tua itu dihadapan Anak Domba itu, masing-masing memegang satu kecapi dan satu cawan emas, penuh dengan kemenyan: itulah doa orang-orang kudus.

KJV, And when he had taken the book, the four beasts and four and twenty elders fell down before the Lamb, having every one of them harps, and golden vials full of odours, which are the prayers of saints.

TR, και οτε ελαβεν το βιβλιον τα τεσσαρα ζωα και οι εικοσιτεσσαρες πρεσβυτεροι επεσον ενωπιον του αρνιου εχοντες εκαστος κιθαρας και φιαλας χρυσας γεμουσας θυμιαματων αι εισιν αι προσευχαι των αγιων

Translit. interlinear, kai {dan} hote {ketika} elaben {Ia mengambil} to {itu} biblion {gulungan kitab} ta tessara {empat} zôa {makhluk-makhluk} kai {dan} hoi eikositessares {dua puluh empat} presbuteroi {tua-tua} epeson {sujud} enôpion {dihadapan} tou {itu} arniou {Anak Domba} ekhontes {memegang} hekastos {masing-masing} kitharas {kecapi} kai {dan} phialas {cawan-cawan} khrusas {dari emas} gemousas {yang berisi} thumiamatôn {kemenyan-kemenyan} ai {yaitu} eisin hai proseukhai {doa-doa} ton hagion {orang-orang kudus}.

Ia mengarahkan murka-Nya terhadap yang jahat :

Wahyu 6:16

LAI TB, Dan mereka berkata kepada gunung-gunung dan kepada batu-batu karang itu: "Runtuhlah menimpa kami dan sembunyikanlah kami terhadap Dia, yang duduk di atas takhta dan terhadap murka Anak Domba itu."

KJV, And said to the mountains and rocks, Fall on us, and hide us from the face of him that sitteth on the throne, and from the wrath of the Lamb:

TR, και λεγουσιν τοις ορεσιν και ταις πετραις πεσετε εφ ημας και κρυψατε ημας απο προσωπου του καθημενου επι του θρονου και απο της οργης του αρνιου

Translit. interlinear, kai {dan} legousin {mereka berkata} tois oresin {kepada gunung-gunung} kai {dan} tais petrais {kepada batu-batu besar} pesete {timpalah} eph {aats} hêmas {kami} kai {dan} krupsate {sembunyikanlah} hêmas {kami} apo {(jauh) dari} prosôpou {kehadiran} tou {Dia yang} kathêmenou {duduk} epi {diatas} tou thronou {takhta} kai {dan} apo {(jauh) dari} tês orgês {hukuman} tou arniou {Anak Domba}

Ia memimpin umat Allah dalam peperangan (rohani), tetapi darah-Nyalah yang menjadi kurban penghapus dosa :

Wahyu 17:14

LAI TB, Mereka akan berperang melawan Anak Domba. Tetapi Anak Domba akan mengalahkan mereka, karena Ia adalah Tuan di atas segala tuan dan Raja di atas segala raja. Mereka bersama-sama dengan Dia juga akan menang, yaitu mereka yang terpanggil, yang telah dipilih dan yang setia."

KJV, These shall make war with the Lamb, and the Lamb shall overcome them: for he is Lord of lords, and King of kings: and they that are with him are called, and chosen, and faithful.

Translit interlinear, houtoi {(orang-orang) ini} meta {melawan} tou arniou {Anak Domba} polemêsousin {akan berperang} kai {tetapi} to arnion {Anak Domba} nikêsei {akan mengalahkan} autous {mereka} hoti {sebab} kurios {Tuan/ Tuhan} kuriôn {(diatas) tuan-tuan} estin {Ia adalah} kai {dan} basileus {Raja} basileôn {(diatas) raja-raja} kai {dan} hoi {(orang-orang) yang} met {bersama} autou {-Nya} klêtoi {yang dipanggil} kai {dan} eklektoi {yang dipilih} kai {dan} pistoi {yang dapat dipercayai}

Dan melalui darah-Nyalah umat-Nya yang sudah mati martir bangkit dalam kemenangan :

Wahyu 12:11

LAI TB, Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

KJV, And they overcame him by the blood of the Lamb, and by the word of their testimony; and they loved not their lives unto the death.

TR, και αυτοι ενικησαν αυτον δια το αιμα του αρνιου και δια τον λογον της μαρτυριας αυτων και ουκ ηγαπησαν την ψυχην αυτων αχρι θανατου

Translit. interlienar, kai {tetapi} autoi {mereka} enikêsan {mengalahkan} auton {dia} dia {karena} to haima {darah} tou arniou {Anak Domba} kai {dan} dia {karena} ton logon {firman/ berita (Allah)} tês marturias {dari kesaksian} autôn {mereka} kai {dan} ouk {tidak} êgapêsan {mereka mengasihi} tên psukhên {nyawa} autôn {mereka} akhri {sampai} thanatou {kematian}

ANAK DOMBA ALLAH

Ungkapan "Anak Domba Allah" muncul dua kali dalam Perjanjian Baru (Yohanes 1:29, 36):

Yohanes 1:29

1:29 LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world.

TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμου

Translit interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang menanggung/ menyingkirkan, verb - present active participle - nominative singular masculine} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}

Ha-Berit,

וַיְהִי מִמָּחֲרָת וַיַּרְא יוֹחָנָן אֶת־יֵשׁוּעַ בָּא אֵלָיו וַיֹּאמַר הִנֵּה שֵׂה הָאֱלֹהִים הַנֹּשֵׂא חַטַּאת הָעוֹלָם׃

Translit interlinear, VAYEHI MIMAKHARAT {dan di hari yang kemudian} VAYAR {dia telah melihat} YOKHANAN {yohanes} 'ET-YESHUA {kepada Yesus} BA {yang telah tiba} 'ELAV {kepadanya} VAYOMER {dan dia berkata} HINEH {inilah} SEH {Anak Domba} HA'ELOHIM {Allah} HANOSE {yang membawa pergi/ menyingkirkan} KHATA'AT {dosa dari} HA'OLAM {dunia}

Yohanes 1:36 LAI TB, Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

KJV, And looking upon Jesus as he walked, he saith, Behold the Lamb of God!

TR, και εμβλεψας τω ιησου περιπατουντι λεγει ιδε ο αμνος του θεου

Translit interlinear, kai {lalu} emblepsas {ketika melihat} tô iêsou {Yesus} peripatounti {yang sedang berjalan} legei {ia berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah}

Ha-Berit,

וַיַּבֵּט אֶל־יֵשׁוּעַ וְהוּא מִתְהַלֵּךְ וַיֹּאמַר הִנֵּה שֵׂה הָאֱלֹהִים׃

Translit interlinear, VAYABET {dan ketika dia melihat} 'EL-YESHUA {pada Yesus} VEHU {dan Dia} MIT'HALEKH {sedang berjalan} VAYOMER {dan dia berkata} HINEH {inilah} SEH {Anak Domba} HA'ELOHIM {Allah}

Istilah αμνος - amnos muncul dalam Kisah 8:32 dan I Petrus 1:19; αρην – arên dalam Lukas 10:3, dan αρνιον - arnion muncul satu kali, Yohanes 21:15, dan 28 kali dalam Wahyu. Dalam nubuat, Yesus Kristus diumpamakan seperti domba yang dibawa ke pembantaian dan seperti domba betina yang membisu di hadapan para pemangkasnya (Yesaya 53:7; Kisah 8:32, 35; bdk. 1 Petrus 2:23). Karena peranan Yesus sebagai korban, Yohanes Pembaptis menyebut Yesus sebagai "Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia" dan Anak Allah berkali-kali disebut "Anak Domba" dalam Kitab Wahyu (Yohanes 1:29; Wahyu 5:6; 6:16; 7:14, 17; 14:1; 17:14; 19:7).

Yohanes Pembaptis berseru ketika melihat Yesus datang kepadanya "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29). Gelar "Anak Domba Allah" ini mengacu kepada nubuat tentang "Hamba yang menderita" sesuai Kitab Yesaya pasal 53. Perhatikan, kata αμνος - amnos muncul dalam Septuaginta pada ayat ini:

Yesaya 53:7.

LAI TB, Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

KJV, He was oppressed, and he was afflicted, yet he opened not his mouth: he is brought as a lamb to the slaughter, and as a sheep before her shearers is dumb, so he openeth not his mouth.

Hebrew,

נִגַּשׂ וְהוּא נַעֲנֶה וְלֹא יִפְתַּח־פִּיו כַּשֶּׂה לַטֶּבַח יוּבָל וּכְרָחֵל לִפְנֵי גֹזְזֶיהָ נֶאֱלָמָה וְלֹא יִפְתַּח פִּיו׃

Translit, NIGAS VEHU' NA'ANEH VELO YIFTAKH-PIV KASEH LATEVAKH YUVAL UKHERAKHEL LIFNEY GOZ'ZEIHA NE'ELAMAH VELO YIFTAKH PIV

LXX, και αυτος δια το κεκακωσθαι ουκ ανοιγει το στομα ως προβατον επι σφαγην ηχθη και ως αμνος εναντιον του κειροντος αυτον αφωνος ουτως ουκ ανοιγει το στομα αυτου

Translit, KAI AUTOS DIA TO KEKAKÔSTAI OUK ANOIGEI TO ONOMA HÔS PROBATON EPI SPHAGÊN HÊKHTHE KAI HÔS AMNOS ENANTION TOU KEIRONTOS AUTON APHÔNOS HOUTÔS OUK ANOIGEI TO STOMA AUTOU.

Yohanes Pembaptis merujuk kepada Kitab Yesaya 40:3-5 (seorang utusan akan mempersiapkan jalan bagi Mesias) maupun Mesias yang datang ke dunia untuk menderita (Yesaya pasal 53). Dan, Yohanes Pembaptis telah merenungkan pasal-pasal itu. Fungsi memikul dosa amat jelas dalam Yesaya pasal 53. Dan apa yang dinyatakan oleh Yohanes Pembaptis ini. Penulis Injil bermaksud mengajak pembaca Injil-nya untuk memikirkan anak domba yang dikorbankan di Bait Allah, anak domba Paskah, dan hamba yang menderita itu. 'Anak Domba Allah' juga mengingatkan kita bahwa Allah menyediakan anak domba bagi Abraham yang dimana Ishak tidak jadi dikorbankan karena Allah menyediakan domba kurban, Lihat: Kejadian 22:8, 13-14.  

Kita juga dengan jelas dapat melihat hubungannya dengan domba Paskah. Hari-hari raya Yahudi mempunyai arti penting dalam Injil Yohanes. Ungkapan dalam Yohanes 19:36 secara tidak langsung dapat dihubungkan dengan anak domba Paskah. "Domba paskah" yang darahnya tercurah adalah kisah sentral dalam Kitab keluaran adalah peristiwa Paskah. Sehingga perayaan Paskah adalah peristiwa yang paling bersejarah, menyentuh dan heroik bagi setiap orang Yahudi, yang dijadikan legenda untuk dikisahkan kepada anak-cucu Yahudi turun-temurun. Lebih dari itu Paskah wajib dirayakan setiap tahunnya, dengan segala tata cara perjamuan yang dibakukan. Seperti diketahui, kisah Paskah mulai dengan tulah yang ke-10, dimana Allah mendatangkan malapetaka terbesar dengan mengirimkan malaikat kematian untuk mencabut nyawa anak-sulung dari setiap keluarga yang pintu rumahnya tidak diperciki darah domba!

Allah berkata : "Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat". Itu dalah vonis kematian yang dilewatkan Tuhan (luput) bagi rumah yang bertanda darah kurban (Keluaran 12:13). Kisah lengkapnya, silahkan baca di Kitab Keluaran pasal 11 dan 12.

Dan Alkitab menjelaskan kepada kita bahwa "semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang" (Kolose 2:17), yaitu janji penebusan malalui darah Yesus Kristus.

Seruan "Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29) diserukan oleh Yohanes Pembaptis saat menyambut Yesus dengan sukacita. Hal tersebut terkait dengan "anak domba yang dikorbankan karena dosa", dan ungkapan 'yang menghapus dosa dunia' mendukung hal ini. Dalam Perjanjian Lama Allah menetapkan suatu hukum bahwa pengampunan adalah dengan darah :

Ibrani 9:22,

LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.

KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.

TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσις

Translit, kai skhedon en haimati panta katharizetai kata ton nomon kai khôris haimatekkhusias ou ginetai aphesis

Dalam hukum Taurat, hampir segala sesuatu disucikan, dan diampunkan dengan darah (yang dianggap nyawa), dan "tanpa penumpahan darah, tidak ada pengampunan" (Ibrani 9:22). Ini dilakukan lewat domba yang dikorbankan diatas mezbah, berulang-ulang untuk setiap kali pengampunan hingga digenapi oleh Mesias yang digelari "Anak Domba Allah". Kita "manusia mati yang berjalan" ini tidak mungkin bisa menebus diri kita yang mati (rohani). Hanya Yesus yang tanpa-dosa dapat melakukannya, yaitu dengan sengaja memilih diriNya dilahirkan ke dunia (dan tinggal di tengah-tengah manusia) untuk menemui kematian lewat penyaliban demi dapat menebus harga kematian kekal itu bagi kita.

Dalam Alkitab Dialah Mesias yang dilambangkan sebagai Anak Domba yang tak bernoda yang menjadi korban penebusan dosa

1 Petrus 1:18,19

1:18 LAI TB, Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,

KJV, Forasmuch as ye know that ye were not redeemed with corruptible things, as silver and gold, from your vain conversation received by tradition from your fathers;

TR, ειδοτες οτι ου φθαρτοις αργυριω η χρυσιω ελυτρωθητε εκ της ματαιας υμων αναστροφης πατροπαραδοτου

Translit, eidotes hoti ou phthartois arguriô hê khrusiô elutrôthête ek tês mataias humôn anastrophês patroparadotou

1:19 LAI TB, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

KJV, But with the precious blood of Christ, as of a lamb without blemish and without spot:

TR, αλλα τιμιω αιματι ως αμνου αμωμου και ασπιλου χριστου

Translit, alla timiô haimati hôs amnou amômou kai aspilou khristou

Dengan demikian kita dapat jelas memaknakan gelar "Anak Domba Allah" sebagai suatu gelar yang khas menggambarkan misi kedatangan Kristus ke dunia adalah untuk mengorbankan dirinya, menderita dan darahnya tertumpah bagi pengampunan dosa umat manusia di dunia.

Pengampunan dapat diterima oleh orang-orang yang menerima dan mengimani pengorbanannya tanpa kecuali :

Yohanes 3:16

LAI TB, Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

KJV, For God so loved the world, that he gave his only begotten Son, that whosoever believeth in him should not perish, but have everlasting life.

TR, ουτως γαρ ηγαπησεν ο θεος τον κοσμον ωστε τον υιον αυτου τον μονογενη εδωκεν ινα πας ο πιστευων εις αυτον μη αποληται αλλ εχη ζωην αιωνιον

Translit Interlinear, houtôs {demikian} gar {karena} êgapêsen {mengasihi} ho theos {Allah} ton kosmon {manusia di dunia} hôste {sehingga} ton huion{anak} autou ton monogenê {yang tunggal/ yang unik} edôken {Ia telah memberikan} hina {supaya} pas {setiap (orang yang)} ho pisteuôn {percaya} eis {kepada} auton {Dia} mê {tidak} apolêtai {menjadi binasa} all {melainkan} ekhê {beroleh} zôên {hidup} aiônion {kekal}


KUASA DARAH YESUS KRISTUS

1. ALAT PENYUCIAN DARI DOSA

Alkitab Perjanjian Baru mencatat beberapa istilah yang menunjuk tentang kuasa dari darah Yesus Kristus bagi orang percaya, yaitu:
Darah Yesus Kristus adalah ALAT PEMBASUHAN 
dosa manusia.

1 Yohanes 1 : 7
Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, MENYUCIKAN 
KITA DARI PADA SEGALA DOSA.

2. ALAT PENGHAPUS DOSA

Ibrani 13 : 11
Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban PENGHAPUS DOSA, dibakar di luar perkemahan.

3. ALAT PEMBENARAN

Darah Yesus Kristus adalah ALAT PEMBENARAN BAGI MANUSIA BERDOSA di hadapan Allah.

Roma 5 : 9
Lebih-lebih, karena kita sekarang telah DIBENARKAN OLEH DARAH-NYA, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

4. ALAT PENEBUSAN

Efesus 1:7, Roma 5:9-10
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT PENEBUSAN .

Efesus 1 : 7
Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh PENEBUSAN, yaitu PENGAMPUNAN dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.

Wahyu 5 : 9
Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah MEMBELI mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

5. ALAT PERDAMAIAN

Kolose 1:19-20, Roma 5 : 9-10 & Roma 3:25
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT PENDAMAIAN MANUSIA DENGAN ALLAH yang kudus.

Kolose 1 : 19-20
Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia MEMPERDAMAIKAN segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Roma 5 : 9-10
Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, DIPERDAMAIKAN 
DENGAN ALLAH oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan
pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Roma 3 : 25
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi JALAN PENDAMAIAN karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

6. ALAT SEBAGAI JEMBATAN KEPADA ALLAH

Darah Yesus Kristus merupakan JEMBATAN YANG OLEHNYA MANUSIA BERJALAN MENUJU ALLAH.

Efesus 2 : 13
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "DEKAT" oleh darah Kristus.

7. ALAT PEMBERSIH HATI NURANI

Darah Yesus Kristus MEMBERSIHKAN HATI NURANI MANUSIA YANG BERDOSA.

Ibrani 9 : 13
Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah.

yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan MENYUCIKAN HATI NURANI KITA dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

8. ALAT MENGUDUSKAN MANUSIA

Ibrani 13:11-12
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT MENGUDUSKAN MANUSIA.

Ibrani 13 : 11-13
Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban penghapus dosa, dibakar di luar perkemahan. Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk MENGUDUSKAN UMAT-NYA dengan darah-Nya sendiri.

9. ALAT PERSEKUTUAN MANUSIA & ALLAH

Adanya PERSEKUTUAN ANTARA MANUSIA 
DENGAN ALLAH melalui darah Yesus Kristus.

1 Korintus 10 : 16-17
Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah PERSEKUTUAN dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

10. DARAH PERJANJIAN KEKAL

Darah Yesus Kristus juga disebut sebagai DARAH PERJANJIAN KEKAL.

Ibrani 13 : 20
Maka Allah damai sejahtera, yang oleh DARAH PERJANJIAN YANG KEKAL telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

11. MENJADI SUATU KERAJAAN DAN IMAM-IMAM BAGI ALLAH

Wahyu 1:5-6, 5:9-10
Orang percaya dapat MENJADI IMAM-IMAN DALAM SUATU KERAJAAN, itu karena darah Yesus Kristus.

Wahyu 1 : 5-6
dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya, dan yang telah membuat kita menjadi SUATU KERAJAANMENJADI IMAM-IMAM BAGI ALLAH, Bapa-Nya, bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Wahyu 5 : 10
Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi IMAM-IMAM bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai RAJA di bumi."

12. MEMBINASAKAN IBLIS

Darah Yesus Kristus merupakan senjata yang ampuh untuk MENGHANCURKAN IBLIS.

Wahyu 12 : 11
Dan mereka MENGALAHKAN dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

13. MEMBERIKAN HIDUP KEKAL

Yohanes 6:53-63
Manusia MEMPEROLEH KEHIDUPAN KEKAL hanya melalui darah Yesus Kristus.

Yohanes 6 : 53-54
Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

14. PENYEMPURNAAN HIDUP

Ibrani 6:1-2, 7:11-19
PROSES PENYEMPURNAAN HIDUP kekristenan kita, tidak terlepas dari darah Yesus Kristus.


Jaminsen

Welcome, TO BE LIKE JESUS

Post a Comment

Previous Post Next Post