KEMATIAN YESUS KRISTUS



FIRMAN ALLAH MENJADI MANUSIA & TURUN KE DUNIA UNTUK BERPERANG MELAWAN IBLIS, DOSA DAN MAUT

MAKNA KEMATIAN YESUS:
Mengalami tumitnya remuk

Kejadian 3 : 15
Aku akan mengadakan permusuhan antara ENGKAU dan PEREMPUAN INI, antara KETURUNANMU dan KETURUNANNYA; keturunannya akan meremukkan KEPALAMU, dan engkau akan meremukkan TUMITNYA."

ADA 3 UNSUR YANG SANGAT PENTING DLM MEWUJUDKAN KESELAMATAN MANUSIA

• KETAATAN (Taman Getsemani)
KEMATIAN (Di kayu salib)
KEBANGKITAN (Dari Kubur)

1. TAAT

DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIA Menundukkan kehendak pribadi-Nya kepada kehendak BAPA yang telah mengutus-Nya dalam misi KESELAMATAN

Roma 5 : 19
Jadi sama seperti oleh KETIDAKTAATAN SATU ORANG semua orang telah menjadi orang 
BERDOSA, demikian pula oleh KETAATAN SATU ORANG semua orang menjadi ORANG BENAR.

Ibrani 5 : 8-9
Dan sekalipun Ia adalah Anak, IA TELAH BELAJAR MENJADI TAAT dari apa yang telah diderita-Nya, dan sesudah Ia mencapai kesempurnaan-Nya, IA MENJADI POKOK KESELAMATAN yang abadi bagi semua orang yang taat kepada-Nya.

Filipi 2 : 5-8
Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh PIKIRAN dan PERASAAN  terdapat juga dalam Kristus Yesus, YANG WALAUPUN DALAM RUPA ALLAH, tidak menganggap 
KESETARAAN DENGAN ALLAH itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah 
MENGOSONGKAN DIRINYA SENDIRI, dan 
MENGAMBIL RUPA HAMBA, dan MENJADI 
SAMA DENGAN MANUSIA. Dan DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIAIA TELAH MERENDAHKAN DIRINYA dan TAAT SAMPAI MATI, bahkan sampai MATI DI KAYU SALIB. 

A. KETAATAN TERJADI DALAM PERISTIWA DI TAMAN GETSEMANI

Dalam natur kemanusiaan Yesus, tidak menghendaki MEMINUM CAWAN derita yang diberikan oleh BAPA, namun Tuhan Yesus Menundukkan kehendak pribadi-Nya kepada kehendak BAPA. Dengan demikian KUASA DOSA dikalahkan.

• 3 KALI TUHAN YESUS MEMOHON KEPADA BAPA AGAR CAWAN BERLALU PADANYA

Matius 26 : 39
Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, JIKALAU SEKIRANYA MUNGKIN, BIARLAH CAWAN INI LALU DARI PADA-KU, tetapi JANGANLAH SEPERTI YANG KUKEHENDAKI, melainkan seperti yang ENGKAU KEHENDAKI."

Matius 26 : 42
Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku JIKALAU CAWAN INI TIDAK MUNGKIN LALU, kecuali apabila Aku meminumnya, JADILAH KEHENDAK-MU!"

Matius 26 : 44
Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan MENGUCAPKAN DOA YANG ITU JUGA.

• UCAPAN DERITA TUHAN YESUS DI KAYU SALIB, KETIKA SEDANG MEMIKUL DOSA DUNIA

NUBUAT PENDERITAAN KRISTUS

Mazmur 22 : 1-2
Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Rusa di kala fajar. Mazmur Daud. ALLAHKU, ALLAHKU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku.

PENGGENAPAN

Matius 27 : 46
Kira-kira jam tiga BERSERULAH Yesus DENGAN SUARA NYARING: "Eli, Eli, lama sabakhtani?" Artinya: ALLAH-KU, ALLAH-KU, MENGAPA ENGKAU MENINGGALKAN AKU?

• TUHAN YESUS MENYERAHKAN NYAWANYA KEPADA BAPA

Yohanes 10 : 17-18
Bapa mengasihi Aku, oleh karena AKU 
MEMBERIKAN NYAWAKU untuk menerimanya kembali. TIDAK SEORANGPUN MENGAMBILNYA DARI PADAKU, MELAINKAN AKU MEMBERIKANNYA MENURUT KEHENDAKKU SENDIRI. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Lukas 23:46
Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “YA BAPA, KE DALAM TANGAN-MU KUSERAHKAN NYAWA-KU.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

2. MATI

HUKUM KEKUDUSAN ALLAH: Allah tidak bisa bersekutu dengan dosa.

MATI: Berpisah dari hadirat Allah

MAKNA KEMATIAN YESUS:
Mengalami tumitnya remuk

Kejadian 3 : 15
Aku akan mengadakan permusuhan antara ENGKAU dan PEREMPUAN INI, antara KETURUNANMU dan KETURUNANNYA; keturunannya akan meremukkan KEPALAMU, dan engkau akan meremukkan TUMITNYA."

• BAPA HARUS MENINGGALKAN TUHAN YESUS SESAAT, SEBAB SEDANG MEMIKUL DOSA DUNIA. SEBAB HUKUM KEKUDUSAN ALLAH TIDAK BISA BERSEKUTU DENGAN DOSA

TUHAN YESUS MATI
- Roh Tuhan Yesus terpisah dengan Bapa
- Tubuh Tuhan Yesus berpisah dengan Roh-Nya

Roma 6 : 23
Sebab UPAH DOSA IALAH MAUT; tetapi karunia Allah ialah HIDUP YANG KEKAL dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Yesaya 59 : 1-2
Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk MENYELAMATKAN, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah SEGALA DOSAMU.

DALAM ROH, TUHAN YESUS TURUN KE DALAM KE KERAJAAN MAUT

1 Petrus 3 : 18-20
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, IA YANG BENAR untuk ORANG-ORANG YANG TIDAK BENAR, supaya IA MEMBAWA KITA KEPADA ALLAH; Ia, yang telah dibunuh DALAM KEADAAN-NYA SEBAGAI MANUSIA, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, dan DI DALAM ROH ITU JUGA IA PERGI MENDEKLARASIKAN KEMENANGAN-NYA KEPADA ROH-ROH YANG DI DALAM PENJARA, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

3. BANGKIT

NUBUAT KEBANGKITAN TUHAN YESUS

Yohanes 10 : 17-18
Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. TIDAK SEORANGPUN MENGAMBILNYA DARI PADAKU, MELAINKAN AKU MEMBERIKANNYA MENURUT KEHENDAKKU SENDIRI. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

Matius 26 : 59-61
Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, yang mengatakan: "ORANG INI BERKATA: AKU DAPAT MERUBUHKAN BAIT ALLAH DAN MEMBANGUNNYA KEMBALI DALAM TIGA HARI."

Matius 27 : 39-40
Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala, mereka berkata: "HAI ENGKAU YANG MAU MERUBUHKAN BAIT SUCI DAN MAU MEMBANGUNNYA KEMBALI DALAM TIGA HARI, selamatkanlah diri-Mu JIKALAU ENG

TUHAN YESUS MEMEGANG SEGALA KUNCI MAUT DAN KERAJAAN MAUT.

Wahyu 1 : 17-18
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! AKU ADALAH YANG AWAL DAN YANG AKHIR, dan 
YANG HIDUPAKU TELAH MATI, NAMUN LIHATLAHAKU HIDUP, SAMPAI SELAMA-LAMANYA dan AKU MEMEGANG SEGALA KUNCI MAUT DAN KERAJAAN MAUT.

Wahyu 2 : 8
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: INILAH FIRMAN DARI YANG AWAL DAN YANG AKHIRYANG TELAH MATI HIDUP KEMBALI.

IBLIS TIDAK BERKUASA SEDIKITPUN ATAS DIRI TUHAN YESUS

KEPALA GEREJA MENGALAHKAN IBLIS

Yohanes 14 : 30
Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab PENGUASA DUNIA INI DATANG 
dan IA TIDAK BERKUASA SEDIKITPUN ATAS 
DIRI-KU.

TUBUH  GEREJA MENGALAHKAN IBLIS

Matius 16 : 18-19
Dan Akupun berkata kepadamu: ENGKAU ADALAH PETRUS DAN DI ATAS BATU KARANG INI AKU AKAN MENDIRIKAN JEMAATKU DAN ALAM MAUT TIDAK MENGUASAINYA
KEPADAMU AKAN KUBERIKAN KUNCI KERAJAAN SORGA. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Lukas 10 : 19
Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk MENGINJAK ULAR dan 
KALAJENGKING dan kuasa untuk MENAHAN KEKUATAN MUSUH, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu

A. TUHAN YESUS  TIDAK TAKLUK KEPADA MAUT

1. ALLAH YG BERSEMAYAM DI TEMPAT MAHAKUDUS, DI TERANG YANG TAK TERHAMPIRI DAN TIDAK TAKLUK KEPADA MAUT, TETAPI JUGA BERSAMA-SAMA ORANG YANG REMUK DAN RENDAH HATI

Yesaya 57 : 15
Sebab beginilah firman Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya dan Yang Mahakudus nama-Nya: "Aku bersemayam di tempat tinggi dan di tempat kudus TETAPI JUGA BERSAMA-SAMA ORANG YANG REMUK DAN RENDAH HATI, untuk menghidupkan semangat ORANG-ORANG YANG RENDAH HATI dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.

2. PRIBADI YANG BISA MENAKLUKKAN MAUT ADALAH PRIBADI YANG TIDAK TAKLUK KEPADA MAUT

1 Timotius 6 :16
Dialah satu-satunya yang TIDAK TAKLUK KEPADA MAUT, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.

3. YESUS ADALAH KEBANGKITAN & HIDUP

Yohanes 11 : 25
Jawab Yesus: "AKULAH KEBANGKITAN DAN HIDUP; barangsiapa percaya kepada-Ku, IA AKAN HIDUP WALAUPUN IA SUDAH MATI.

4. PENGGENAPAN BAIT SUCI ALLAH, TUHAN YESUS BANGKIT SENDIRI

Yohanes 2 : 19-21
Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, DAN DALAM TIGA HARI AKU AKAN MENDIRIKANNYA KEMBALI. Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?" Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Matius 26 : 59-61
Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, yang mengatakan: "ORANG INI BERKATA: AKU DAPAT MERUBUHKAN BAIT ALLAH DAN MEMBANGUNNYA KEMBALI DALAM TIGA HARI."

Matius 27 : 39-40
Orang-orang yang lewat di sana menghujat Dia dan sambil menggelengkan kepala, mereka berkata: "HAI ENGKAU YANG MAU MERUBUHKAN BAIT SUCI DAN MAU MEMBANGUNNYA KEMBALI DALAM TIGA HARI, 
selamat kalah diri-Mu JIKALAU ENGKAU ANAK ALLAH, turunlah dari salib itu.

5. YESUS BERKUASA MEMBERI DAN MENGAMBIL NYAWANYA SENDIRI

Yohanes 10 : 17-18
Bapa mengasihi Aku, oleh karena AKU MEMBERIKAN NYAWAKU untuk menerimanya kembali. TIDAK SEORANGPUN MENGAMBILNYA DARI PADAKU, MELAINKAN AKU MEMBERIKANNYA MENURUT KEHENDAKKU SENDIRI. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."

6. YESUS MEMEGANG KUNCI MAUT DAN 
KERAJAAN MAUT

Wahyu 1 : 17-18
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! AKU ADALAH YANG AWAL DAN YANG AKHIR, dan 
YANG HIDUPAKU TELAH MATI, NAMUN LIHATLAHAKU HIDUP, SAMPAI SELAMA-LAMANYA dan AKU MEMEGANG SEGALA KUNCI MAUT DAN KERAJAAN MAUT.

Wahyu 2 : 8
"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: INILAH FIRMAN DARI YANG AWAL DAN YANG AKHIRYANG TELAH MATI HIDUP KEMBALI.

7. IBLIS TIDAK BERKUASA SEDIKITPUN ATAS DIRI TUHAN YESUS

TUHAN YESUS KEPALA GEREJA

Yohanes 14 : 30
Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab PENGUASA DUNIA INI DATANG 
dan IA TIDAK BERKUASA SEDIKITPUN ATAS 
DIRI-KU.

JEMAAT SEBAGAI  TUBUH  GEREJA

Matius 16 : 18-19
Dan Akupun berkata kepadamu: ENGKAU ADALAH PETRUS DAN DI ATAS BATU KARANG INI AKU AKAN MENDIRIKAN JEMAATKU DAN ALAM MAUT TIDAK MENGUASAINYA
KEPADAMU AKAN KUBERIKAN KUNCI KERAJAAN SORGA. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Lukas 10 : 19
Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk MENGINJAK ULAR dan 
KALAJENGKING dan kuasa untuk MENAHAN KEKUATAN MUSUH, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.

Matius 16:19 
KEPADAMU AKAN KUBERIKAN KUNCI KERAJAAN SORGA. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”


B. TUHAN YESUS MATI DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIA 

Efesus 2 : 15
sebab dengan MATINYA SEBAGAI MANUSIA Ia telah MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Filipi 2 : 6-10
YANG WALAUPUN DALAM RUPA ALLAH, tidak menganggap KESETARAAN DENGAN ALLAH itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah MENGOSONGKAN DIRINYA SENDIRI, dan MENGAMBIL RUPA HAMBA, dan MENJADI SAMA DENGAN MANUSIA. Dan DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIAIA TELAH MERENDAHKAN DIRINYA dan TAAT SAMPAI MATI, bahkan sampai MATI DI KAYU SALIB. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN,” BAGI KEMULIAAN ALLAH, BAPA.

1. ALLAH TELAH MENJATUHKAN HUKUMAN ATAS DOSA MANUSIA DI DALAM DAGING YESUS KRISTUS

Roma 8 : 3-4
Sebab APA YANG TIDAK MUNGKIN DILAKUKAN HUKUM TAURAT KARENA TAK BERDAYA OLEH DAGING, TELAH DILAKUKAN OLEH ALLAH. 
Dengan jalan MENGUTUS ANAKNYA DALAM DAGING, yang serupa dengan DAGING YANG DIKUASAI DOSA KARENA DOSAIA TELAH MENJATUHKAN HUKUMAN ATAS DOSA  DI DALAM DAGING, supaya tuntutan hukum Taurat digenapi di dalam kita, yang TIDAK HIDUP MENURUT DAGING, TAPI MENURUT ROH.

2. YANG BISA MENEBUS MANUSIA YANG TAKLUK HUKUM TAURAT HARUS YANG TAKLUK TERHADAP HUKUM TAURAT

Galatia 4:4-5
Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan TAKLUK KEPADA HUKUM TAURAT. Ia diutus untuk menebus mereka, YANG TAKLUK KEPADA HUKUM TAURAT, supaya kita diterima menjadi ANAK.

Efesus 2 : 15
sebab dengan MATINYA SEBAGAI MANUSIA Ia telah MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

Filipi 2 : 8
Dan DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIA, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

1 Petrus 3 : 18
Sebab juga Kristus telah MATI SEKALI untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh 
DALAM KEADAANNYA SEBAGAI MANUSIA, 
tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

Roma 9 : 5 
Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan MESIAS DALAM KEADAANNYA SEBAGAI MANUSIA, yang ada di atas segala sesuatu. IA ADALAH ALLAH  yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

3.  KARENA KESALEHANNYA YESUS KRISTUS DIBANGKITKAN DARI MAUT

Ibrani 5 : 7
DALAM HIDUPNYA SEBAGAI MANUSIA, Ia telah MEMPERSEMBAHKAN DOA dan 
PERMOHONAN dengan RATAP TANGIS 
dan KELUHAN kepada Dia, yang sanggup 
MENYELAMATKANNYA  dari MAUTdan 
karena KESALEHANNYA Ia telah didengarkan.

4. KEMATIAN YESUS KRISTUS MEMUSNAHKAN IBLIS
Ibrani 2:14-15
Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari DARAH dan DAGING, maka Ia juga menjadi SAMA DENGAN MEREKA dan MENDAPAT BAGIAN DALAM KEADAAN MEREKASUPAYA OLEH KEMATIANNYA IA MEMUSNAHKAN DIA, YAITU IBLIS, YANG BERKUASA ATAS MAUT; dan supaya dengan jalan demikian Ia MEMBEBASKAN MEREKA yang seumur hidupnya berada dalam 
PERHAMBAAN oleh karena TAKUTNYA kepada 
MAUT.

C. YESUS MENEBUS MANUSIA DARI KUASA DOSA, KUASA MAUT DAN KUASA IBLIS 

KETAATANNYA ===> Mengalahkan DOSA

DOSA BERKUASA KARENA KESALAHAN (KETIDAKTAATAN KEPADA BAPA)

Roma 5 : 19
Jadi sama seperti oleh KETIDAKTAATAN satu orang semua orang telah menjadi orang 
BERDOSA, demikian pula oleh KETAATAN satu orang SEMUA ORANG MENJADI BENAR.

KASIH KARUNIA BERKUASA KARENA KEBENARAN (KETAATAN KEPADA BAPA)

Roma 5 : 21
supaya, sama seperti DOSA BERKUASA DALAM ALAM MAUT, demikian KASIH KARUNIA BERKUASA OLEH KEBENARAN untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ibrani 5 : 8-9
Dan SEKALIPUN IA ADALAH ANAK, Ia telah belajar menjadi TAAT DARI APA YANG TELAH DIDERITANYA, dan SESUDAH IA MENCAPAI KESEMPURNAANNYA, IA MENJADI POKOK KESELAMATAN YANG ABADI BAGI SEMUA ORANG YANG TAAT PADANYA.  

KEMATIANNYA ===> Mengalahkan IBLIS

Ibrani 2 : 14
Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh KEMATIANNYA IA MEMUSNAHKAN DIA,  YAITU IBLIS,  YANG BERKUASA ATAS MAUT;

KEBANGKITANNYA ===> Mengalahkan MAUT

1 Korintus 15 : 25
Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Raja sampai Allah MELETAKKAN SEMUA MUSUHNYA DI BAWAH KAKINYA.

1 Korintus 15 : 26
Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah MAUT.

Roma 6 : 9
Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: MAUT TIDAK BERKUASA LAGI ATAS DIA.

1 Korintus 15:55-57
Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu? " Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

B.  INJIL DI PROKLAMIRKAN KEPADA ORANG-ORANG MATI SEBELUM TUHAN YESUS

MANUSIA DIHAKIMI SECARA BADANI

1 Petrus 4 : 4-6
Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu. 
Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang HIDUP dan yang MATIItulah sebabnya maka INJIL TELAH DIBERITAKAN JUGA KEPADA ORANG-ORANG MATI, supaya mereka, sama seperti SEMUA MANUSIA, DIHAKIMI SECARA BADANI; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.

1 Petrus 3 : 18-22
Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, IA YANG BENAR UNTUK ORANG-ORANG YANG TIDAK BENAR, supaya Ia membawa kita kepada Allah; IA, YANG TELAH DIBUNUH DALAM KEADAANNYA SEBAGAI MANUSIA, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, DAN DI DALAM ROH ITU JUGA IA PERGI MEMBERITAKAN INJIL KEPADA ROH-ROH YANG DI DALAM PENJARA, YAITU KEPADA ROH-ROH MEREKA YANG DAHULU PADA WAKTU NUH TIDAK TAAT KEPADA ALLAH, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu. Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu BAPTISAN MAKSUDNYA bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah oleh kebangkitan Yesus Kristus, yang duduk di sebelah kanan Allah, setelah Ia naik ke sorga SESUDAH SEGALA MALAIKAT, KUASA DAN KEKUATAN DITAKLUKKAN  KEPADANYA. 

Efesus 4 : 7-10
Tetapi kepada kita masing-masing telah DIANUGERAHKAN KASIH KARUNIA menurut ukuran pemberian Kristus. Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, IA MEMBAWA TAWANAN-TAWANAN; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia." Bukankah "Ia telah naik" berarti, bahwa IA JUGA TELAH TURUN KE BAGIAN BUMI PALING BAWAH? Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi dari pada semua langit, untuk memenuhkan segala sesuatu.

PENJELASAN:

• MEMBERITAKAN INJIL (Kata injil tdk ada dalam bahasa aslinya)
YANG BENAR : memproklamasikan kemenangan KRISTUS
• YESUS MEMPROKLASMASIKAN: setelah kebangkitan-Nya. 

C. DIA AKAN DIBANGKITKAN KEMBALI

Kisah Para Rasul 2 : 31
Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa DIA TIDAK DITINGGALKAN DI DALAM DUNIA ORANG MATI,  DAN BAHWA DAGINGNYA TIDAK MENGALAMI KEBINASAAN.
 
D. KEMATIANNYA MEMUSNAHKAN IBLIS

Ibrani 2 : 14
Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh KEMATIANNYA IA MEMUSNAHKAN DIA,  YAITU IBLIS,  YANG BERKUASA ATAS MAUT;

E. TUHAN YESUS MENGALAMI MAUT BAGI SEMUA MANUSIA

Ibrani 2 : 9
Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat SEDIKIT LEBIH RENDAH DARI PADA MALAIKAT-MALAIKAT,  yaitu YESUS, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan KEMULIAAN dan HORMAT, supaya oleh KASIH KARUNIA Allah IA MENGALAMI MAUT bagi semua manusia.

F. TUHAN YESUS MATI UNTUK MANUSIA DAN BUKAN UNTUK MALAIKAT

Ibrani 2 : 16
Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.

Efesus 2 : 1-2
Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati PENGUASA KERAJAAN ANGKASA, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka.

Matius 12 : 28
Tetapi jika Aku mengusir dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.setan 

G. TUHAN YESUS MENAKLUKKAN IBLIS TERLEBIH DAHULU BARU MENGAMBIL TAWANAN-TAWANAN YANG TERPENJARA

Matius 12 : 29
Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak DIIKAT DULU ORANG KUAT ITU? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.

Efesus 4 : 7-8
Tetapi kepada kita masing-masing telah dianugerahkan kasih karunia menurut ukuran pemberian Kristus. Itulah sebabnya kata nas: "Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, IA MEMBAWA TAWANAN-TAWANAN; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia."

H. MATI DAN HIDUP UNTUK TUHAN

Roma 14 : 7-8
Sebab tidak ada seorangpun di antara kita yang hidup untuk dirinya sendiri, dan tidak ada seorangpun yang mati untuk dirinya sendiri. Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.

H. TUHAN YESUS ADALAH TUHAN BAGI ORANG MATI DAN ORANG HIDUP

Roma 14 : 9
Sebab untuk itulah Kristus telah mati dan hidup kembali, SUPAYA IA MENJADI TUHAN, BAIK ATAS ORANG-ORANG MATI,  MAUPUN ATAS ORANG-ORANG HIDUP.  

I. JANGAN MENGHAKIMI SESAMA 

Roma 14 : 10-12
Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah. Karena ada tertulis: "Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah." Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

J. YESUS KRISTUS ADALAH PENGGENAPAN HUKUM TAURAT

Efesus 2 : 15
sebab dengan MATINYA SEBAGAI MANUSIA Ia telah MEMBATALKAN HUKUM TAURAT dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,

K. TUHAN YESUS TELAH MATI NAMUN HIDUP LAGI UNTUK SELAMA-LAMANYA

Wahyu 1 : 17-18
Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. AKU TELAH MATI, NAMUN LIHATLAH, AKU HIDUP, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

L. TUHAN YESUS BERKUASA MEMBERI DAN MENGAMBIL NYAWANYA KEMBALI

Yohanes 10 : 17-18
Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. TIDAK SEORANGPUN MENGAMBILNYA DARI PADAKU, MELAINKAN AKU MEMBERIKANNYA MENURUT KEHENDAKKU SENDIRI. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."


MAKNA TUHAN MEMBERITAKAN INJIL KEPADA DUNIA ORANG MATI

Kita kaji dulu 1 Petrus 3:19-20, bandingkan dengan terjemahan yang lain yang tidak ada kata "INJIL", dan tentu kita akan cek dari naskah bahasa aslinya:

1 Petrus 3:19-20

LAI TB, Bahasa Indonesia
3:19 LAI TB, dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil (EKÊRUXEN) kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 LAI TB, yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.

MILT, Bahasa Indonesia
3:19 MILT, Dalam pada itu pula, ketika pergi kepada roh-roh yang ada di dalam penjara, Dia telah mengumumkan (EKÊRUXEN)
3:20 MILT, kepada yang dahulu tidak taat, ketika satu kali kesabaran Allah menanti pada zaman Nuh, dengan dipersiapkan sebuah bahtera yang ke dalamnya hanya sedikit, yaitu delapan jiwa, yang telah diselamatkan dari air.

New International Version
3:19 NIV, After being made alive, he went and made proclamation (EKÊRUXEN) to the imprisoned spirits--
3:20 MILT, to those who were disobedient long ago when God waited patiently in the days of Noah while the ark was being built. In it only a few people, eight in all, were saved through water,

King James Version
3:19 KJV, By which also he went and preached (EKÊRUXEN) unto the spirits in prison;
3:20KJV, Which sometime were disobedient, when once the longsuffering of God waited in the days of Noah, while the ark was a preparing, wherein few, that is, eight souls were saved by water.

Textus Receptus :
3:19 εν ω και τοις εν φυλακη πνευμασιν πορευθεις εκηρυξεν
3:20 απειθησασιν ποτε οτε απαξ εξεδεχετο η του θεου μακροθυμια εν ημεραις νωε κατασκευαζομενης κιβωτου εις ην ολιγαι τουτεστιν οκτω ψυχαι διεσωθησαν δι υδατος

Translit Interlinear :
3:19 en hô {didalamnya} kai {juga} tois en {didalam} phulakê {penjara} pneumasin {kepada roh-roh} poreutheis {pergi} ekêruxen {Ia memberikan khotbah, Ia memproklamirkan, verb - aorist active indicative - third person singular}

OJB, In which also to the ruchot (spirits) in mishmar (prison), having gone, Moshiach made the hachrazah (proclamation, kerygma)
Hebrew,
וּבְכֵן הָלַךְ וַיִּקְרָא לָרוּחוֹת אֲשֶׁר בַּמִּשְׁמָר׃
Translit interlinear, UVEKHEN {dan demikian} HALAKH {Dia pergi} VAYIQ'RA {dan Dia berseru} LARUKHOT {kepada roh2} 'ASHER {yang} BAMISH'MAR {di dalam penjara}

3:20 apeithêsasin {kepada orang-orang yang tidak taat/ tidak percaya} pote {dahulu,} hote {ketika} apax {pernah} exedekheto {terus menaati} hê tou theou {Allah} makrothumia {kesabaran} en {pada } hêmerais {waktu} nôe {Nuh} kataskeuazomenês {ketika disiapkan} kibôtou {sebuah bahtera,} eis {didalam} ên {mana} oligai {sedikit} tout estin {yaitu} oktô {delapan} psukhai {jiwa-jiwa,} diesôthêsan {diselamatkan} di {melalui} hudatos {air,}

OJB, To ones without mishma’at (obedience) back then when the zitzfleisch (patience) of Hashem was waiting, in the days of Noach, while the Teva (Ark) was being prepared, in which a few, that is shemoneh nefashot (eight souls), were delivered through that mabbul’s mikveh mayim;
Hebrew, '
אֲשֶׁר לְפָנִים לֹא הֶאֱמִינוּ כַּאֲשֶׁר חִכָּה אֱלֹהִים בְּאֹרֶךְ אַפּוֹ בִּימֵי נֹחַ בְּהֵעָשׂוֹת הַתֵּבָה אֲשֶׁר נִמְלְטוּ אֵלֶיהָ מְעַטִּים וְהֵם שְׁמֹנֶה נְפָשׁוֹת מִן־הַמָּיִם׃
Translit interlinear, 'ASHER {yang} LEFANIM {dihadapan} LO HA'EMINU {mereka yang tidak taat} KA'ASHER {sebagaimana yang} KHIKAH {dalam penantian} 'ELOHIM {Allah} BE'OREKH 'APO {pada kepanjang-sabaran-Nya} BIMEY {pada zaman} NOAKH {nuh} BEHE'ASHOT {pada pembuatan} HATEVAH {bahtera} 'ASHER {yang} NIM'LETU 'ELEYHA {dan mereka diselamatkan atasnya} ME'ATIM {sedikit} VEHEM {dan mereka} SHEMONEH {delapan} NEFASHOT {jiwa} MIN- {dari} HAMAYIM {air}

Ayat diatas menunjukkan bahwa dalam waktu selang setelah kematian dan kebangkitannya itu, Tuhan Yesus mengunjungi Hades (Yunani: αδης - HADÊS, dunia orang mati, alam maut, maut), dimana orang-orang di masa Nuh (dan tentu juga menunjuk orang-orang Perjanjian Lama yang tidak taat kepada Allah) tetapi ayat ini tidak secara jelas menyebutkan apa yang diberitakan Tuhan Yesus sebab disini hanya disebut sebagai 'MEMBERITAKAN' saja tanpa ada kata "INJIL".

Terjemahan bahasa Indonesia (LAI) memang memberi tambahan kata 'Injil' di belakang kata 'memberitakan' tetapi teks bahasa aslinya tidak begitu (mungkin diterjemahkan demikian atas dasar ayat 1 Petrus 4:6).

Kata 'memberitakan Injil' dalam terjemahan LAI diterjemahkan dari kata εκηρυξεν - EKÊRUXEN yang berasal dari kata 'κηρυσσω - KERUSSÔ' yang dalam PB biasanya menunjukkan pemberitaan Kristus tentang 'Kerajaan Allah' atau menunjuk pemberitaan murid-murid Kristus tentang 'kebangkitan Kristus.' Menurut beberapa penafsir kata εκηρυξεν - EKÊRUXEN" ini bermakna bahwa Tuhan Yesus memproklamirkan kemenangan-Nya, dimana Ia telah melakukan misi terbesarNya sebagai propisiasi/pendamaian atas dosa-dosa seluruh manusia. Kata Ibrani yang digunakan untuk menerjemahkan kata Yunani adalah: קָרָא - QARA, artinya: "berseru". Dalam 1 Petru2 3:19 menggunakan kata: וַיִּקְרָא - VAYIQ'RA, harf: dan Dia menyerukan, Verb Qal Imperfect 3rd Mas. Sing.
NOTE:
Ada kata Ibrani LEHATIF - לְהַטִּיף - to preach; to exhort, to advocate (Hifil Infinitive) (Shoresh: נָטָף - NATAF. Kata LEHATIF - לְהַטִּיף ini hanya digunakan dalam "Modern Hebrew," tapi tidak digunakan dalam "Classical Hebrew."

Memang ada ayat lain yang juga ditulis oleh Petrus dalam hubungan dengan ini yang memberi kesan bahwa yang diberitakan adalah "Injil" (verba Yunani: εὐαγγελίζω - EUAGGELIZÔ), yaitu 1 Petrus 4:6 yang Anda pertanyakan diatas.

1 Petrus 4:6
LAI TB, Itulah sebabnya maka Injil telah diberitakan (EUÊGGELISTHÊ) juga kepada orang-orang mati, supaya mereka, sama seperti semua manusia, dihakimi secara badani; tetapi oleh roh dapat hidup menurut kehendak Allah.
KJV, For for this cause was the gospel preached (EUÊGGELISTHÊ) also to them that are dead, that they might be judged according to men in the flesh, but live according to God in the spirit.
Young's Literal Translation, for for this also to dead men was good news proclaimed (EUÊGGELISTHÊ), that they may be judged, indeed, according to men in the flesh, and may live according to God in the spirit.

TR, εις τουτο γαρ και νεκροις ευηγγελισθη ινα κριθωσιν μεν κατα ανθρωπους σαρκι ζωσιν δε κατα θεον πνευματι
Translit Interlinear, eis {untuk} touto {ini} gar {sebab} kai {memang} nekrois {kepada orang-orang mati} euêggelisthê {telah diberitakan kabar baik, verb - aorist passive indicative - third person singular} hina {supaya} krithôsin {mereka dihakimi} men {disatu pihak} kata {menurut} anthrôpous {manusia-manusia} sarki {secara daging (jasmani);} zôsin {dapat hidup} de {di lain pihak} kata {menurut} theon {Allah} pneumati {secara roh}

OJB, For, indeed, this is the reason that the Besuras HaGeulah was preached to the mesim (dead ones, i.e., those who have died in the L-rd), that, though judged in the basar according to men [MJ 12:23; Yn 5:25; 1Th 4:13-18], they might live according to G-d in the spirit.
Haberit Hakhadashah,
כִּי עַל־כֵּן הִתְבַּשְׂרוּ גַּם־הַמֵּתִים לְמַעַן יִדּוֹנוּ בַבָּשָׂר כִּבְנֵי־אָדָם וְיִחְיוּ בָּרוּחַ כְּדֶרֶךְ אֱלֹהִים׃
Translit interlienar, KI {bahwa} 'AL-KEN {itulah sebab} HIT'BAS'RU {diberitakan injil} GAM- {juga} HAMETIM {pada orang2 mati} LEMA'AN {untuk} YIDONU {mereka mendapat penghakiman} VABASAR {sebagaimana manusia} KIV'NEY-'ADAM {bahwa anak-anak manusia} VEYIKH'YU {dan kehidupan mereka} BARUAKH {di dalam roh} KEDEREKH 'ELOHIM {menurut kehendak Allah}

Ayat diatas memang menulis kata Yunani, ευαγγελιον - EUAGGELION, harfiah: mengabarkan kabar baik, to bring good news, to announce glad tidings. Namun tidak ada "PENGINJILAN" dalam artian membawa orang-orang mati itu kepada pertobatan. Karena kesempatan manusia untuk bertobat adalah pada saat dia hidup, Alkitab kita jelas menulis demikian:

Ibrani 9:27
LAI TB, Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali (HAPAX) saja, dan sesudah itu dihakimi,
KJV, And as it is appointed unto men once (HAPAX) to die, but after this the judgment:

TR, και καθ οσον αποκειται τοις ανθρωποις απαξ αποθανειν μετα δε τουτο κρισις
Translit interlinear, kai {lalu} kath hoson {sama seperti} apokeitai {itu ditetapkan} tois anthrôpois {bagi manusia2} hapax {satu kali, once} apothanein {untuk mati} meta {sesudah} de {lalu} touto {ini} krisis {penghakiman}

Kematian hanya satu kali, sesudah itu dihakimi, ayat ini menutup kemungkinan "adanya keselamatan karena penginjilan" di alam kematian. Sebuah doktrin baru ciptaan theolog yang mengambil suatu ayat, tidak boleh berkontradiksi dengan ayat-ayat lainnya di Kitab Suci kita. Dengan demikian jelas bahwa Petrus tidak mengajarkan pekabaran Injil kepada roh orang-mati. penginjilan hanya dilakukan kepada manusia sementara mereka masih hidup. Tidak ada data Alkitab yang menunjukkan penginjilan kepada roh-roh halus atau kepada arwah-arwah, atau kepada malaikat-malaikat.

Maka, setiap kali membaca ayat, kita harus memahami konteks. Dalam hal ini melihat konteks kata "INJIL" yang dimaksud dalam 1 Petrus 4:6. Kita harus tahu bahwa ada banyak kata "INJIL" dalam Alkitab yang tidak bermakna sebagai "menginjil dalam artian memuridkan" dan membawa orang yang "diinjili tsb masuk dalam pertobatan untuk menerima keselamatan."

Sering kata ευαγγελιον - EUAGGELION bermakna hanya sebagai "pemberitaan kabar baik" saja, seperti dalam ayat-ayat di 2 Samuel 4:10, 1 Raja-raja 1:42, 2 Raja-raja 7:9 (dalam Septuaginta), kita lihat ayatnya:

2 Samuel 4:10
LAI TB, Ketika ada orang yang membawa kabar (baik) {Euaggelizo} kepadaku demikian: Saul sudah mati! dan memandang dirinya sebagai orang yang menyampaikan kabar baik, maka aku menangkap dan membunuh dia di Ziklag, dan dengan demikian aku memberikan kepadanya upah kabarnya {euaggelion}
KJV, When one told me, saying, Behold, Saul is dead, thinking to have brought good tidings, I took hold of him, and slew him in Ziklag, who thought that I would have given him a reward for his tidings:

Hebrew,
כִּי הַמַּגִּיד לִי לֵאמֹר הִנֵּה־מֵת שָׁאוּל וְהֽוּא־הָיָה כִמְבַשֵּׂר בְּעֵינָיו וָאֹחֲזָה בֹו וָאֶהְרְגֵהוּ בְּצִֽקְלָג אֲשֶׁר לְתִתִּי־לֹו בְּשֹׂרָֽה׃
Translit interlinear, KI {sebab} HAMAGID {ada orang yang memberitakan} LI {kepadaku} LEMOR {berkata} HINEH {deminian} -MET {dia telah mati} SHA'UL {saul} VEHU {dan dia} -HAYAH {menjadi} KHIM'VASER {seperti seorang yang mengabarkan kabar baik} BE'EINAV {di matanya} VA'OKHAZAH {dan menangkap} VO {olehnya} VA'EH'REGEHU {dan membunuh} BETSIKLAG {di ziklag} 'ASHER {yang} LETITI {aku telah memberikan} -LO {kepadanya (upah)} BESORAH {kabar-baiknya itu}

Septuaginta (LXX), οτι ο απαγγειλας μοι οτι τεθνηκεν σαουλ και αυτος ην ως ευαγγελιζο μενος ενωπιον μου και κατεσχον αυτον και απεκτειtνα εν σεκελακ ω εδει με δουναι ευαγγελια
Translit, HOTI HO APAGGEILAS MOI HOTI TEHNÊKEN SAOUL KALAUTOS ÊN HÔS EUAGGELIZO (tidings/ kabar baik) MENOS ENÔPION MOU KAI KATESKHON AUTON KAI APEKTEITNA EN SEKELAK ÔEDEIME DOUNAI EUAGGELIA (tidings/ kabar baik)

1 Raja-raja 1:42
LAI TB, Selagi ia berbicara, datanglah Yonatan anak imam Abyatar. Lalu Adonia berkata: "Masuklah, sebab engkau seorang kesatria dan tentulah engkau membawa kabar baik {Euaggelizo}."
KJV, And while he yet spake, behold, Jonathan the son of Abiathar the priest came: and Adonijah said unto him, Come in; for thou art a valiant man, and bringest good tidings.

Hebrew,
עֹודֶנּוּ מְדַבֵּר וְהִנֵּה יֹונָתָן בֶּן־אֶבְיָתָר הַכֹּהֵן בָּא וַיֹּאמֶר אֲדֹנִיָּהוּ בֹּא כִּי אִישׁ חַיִל אַתָּה וְטֹוב תְּבַשֵּֽׂר׃
Translit interlinear, 'ODENU {ketika dia hendak} MEDABER {sedang berbicara} VEHINEH {dan datanglah} YONATAN {yonatan} BEN-'EV'YATAR {putera abyatar} HAKOHEN {sang imam} BA {dan dia tiba} VAYOMER {dan dia berkata} 'ADONIYAHU {adonia} BO {masuklah} KI {sebab} 'ISH KHAYIL {seorang pahlawan} 'ATA {engkau adalah} VETOV {dan hal yang baik} TEVASER {engkau mengabarkan kabar baik, Verb Piel Imperfect 2nd MS}

LXX, ετι αυτου λαλουντος και ιδου ιωναθαν υιος αβιαθαρ του ιερεως ηλθεν και ειπεν αδωνιας εισελθε οτι ανηρ δυναμεως ει συ και αγαθα ευαγγελισαι
Translit, ETI AUTOU LALOUNTOS KAI IDOU IÔNATHAN HUIOS ABIATAR TOU IEREÔS ÊLTHEN KAI EIPEN ADÔNIAS EISELTHE HOTI ANÊR DUNAMEÔS EI SU KAI AGATHA EUAGGELISAI

2 Raja-raja 7:9
LAI TB, Lalu berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Tidak patut yang kita lakukan ini. Hari ini ialah hari kabar baik {euaggelion} , tetapi kita ini tinggal diam saja. Apabila kita menanti sampai terang pagi, maka hukuman akan menimpa kita. Jadi sekarang, marilah kita pergi menghadap untuk memberitahukan hal itu ke istana raja."
KJV, Then they said one to another, We do not well: this day is a day of good tidings, and we hold our peace: if we tarry till the morning light, some mischief will come upon us: now therefore come, that we may go and tell the king's household.

Hebrew,
וַיֹּאמְרוּ אִישׁ אֶל־רֵעֵהוּ לֹֽא־כֵן אֲנַחְנוּ עֹשִׂים הַיֹּום הַזֶּה יֹום־בְּשֹׂרָה הוּא וַאֲנַחְנוּ מַחְשִׁים וְחִכִּינוּ עַד־אֹור הַבֹּקֶר וּמְצָאָנוּ עָוֹון וְעַתָּה לְכוּ וְנָבֹאָה וְנַגִּידָה בֵּית הַמֶּֽלֶךְ׃
Translit interlinear, VAYOM'RU {dan mereka berkata} ISH 'EL-RE'EHU {seorang kepada yang lain} LO-KHEN {tidak demikian} 'ANAKH'NU {kita} 'OSIM {melakukan ini} HAYOM HAZE {hari ini} YOM {adalah hari} -BESORAH {kabar baik} HU {dia adalah} VA'ANAKH'NU {tetapi kita} MAKH'SHIM {berdiam saja} VEKHIKINU {dan kita akan menanti} 'AD-'OR {sampai pada terang} HABOQER {pagi} UMETSA'ANU {dan kita akan tiba} 'AVON {pada penghukuman} VE'ATAH {maka sekarang} LEKHU {marilah kita pergi} VENAVO'AH {dan marilah kita berpergian} VENAGIDAH {dan marilah kita memberitahukan} BEIT HAMELEKH {ke istana raja}

LXX, και ειπεν ανηρ προς τον πλησιον αυτου ουχ ουτως ημεις ποιουμεν η ημερα αυτη ημερα ευαγγελιας εστιν και ημεις σιωπωμεν και μενομεν εως φωτος του πρωι και ευρησομεν ανομιαν και νυν δευρο και εισελθωμεν και αναγγειλωμεν εις τον οικον του βασιλεως
Translit, KAI EIPEN ANÊR PROS TO PLÊSION AUTOU OUKH HOUTÔS HÊMEIS POIOUMEN HÊ HÊMERA EUAGGELIAS ESTIN KAI HÊMEIS SIÔPÔMEN KAI MENOMEN HEÔS PHÔTOS TOU PRÔI KAI EURÊSOMEN ANOMIAN KAI NUN DEURO KAI EISELTHÔMEN EIS TO OIKON TOU BASILEÔS

Jelas secara konteks kata ευαγγελιον - EUAGGELION dalam 2 Samuel 4:10, 1 Raja-raja 1:42, 2 Raja-raja 7:9 tidak dapat dimaknakan "penginjilan/ pekabaran injil" yang membuat orang menjadi 'percaya dan bertobat dari dosa' yang biasa diberitakan kepada orang hidup yang belum mengenal Allah.

Pengertian "percaya dan bertobat dari dosa" akibat "diberi kabar baik" dalam konteks ayat 1 Petrus 4:1-6 jelas sudah tidak mungkin lagi karena orang-orang itu sudah mati dan menjadi roh. Dan sebaiknya tidak dibaca pada ayat 6-nya saja, tetapi dibaca mulai ayat 1, supaya tidak ada kerancuan terhadap kata ευαγγελιον - EUAGGELION yang dimaksud :

1 Petrus 4:1-5
4:1 Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamu pun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa,
4:2 supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.
4:3 Sebab telah cukup banyak waktu kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Allah. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang.
4:4 Sebab itu mereka heran, bahwa kamu tidak turut mencemplungkan diri bersama-sama mereka di dalam kubangan ketidaksenonohan yang sama, dan mereka memfitnah kamu.
4:5 Tetapi mereka harus memberi pertanggungan jawab kepada Dia, yang telah siap sedia menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Ayat 6 memang menunjuk pada Roh Yesus yang diceritakan oleh ayat sebelumnya di pasal 3:19-20, dan sekalipun disini kata 'Injil' diterjemahkan dari kata Yunani 'ευηγγελισθη - EUÊGGELISTHÊ' apakah yang dimaksudkan itu aspek pertama 'Injil' dalam arti 'percaya dan bertobat dari dosa' yang biasa diberitakan kepada orang hidup yang belum mengenal Allah?

Melihat konteksnya, kelihatannya bukan, sebab Nuh sudah memberitakan soal 'percaya kepada Allah dan bertobat dari kejahatan' selama lebih dari 120 tahun (Kejadian 6:3) sehingga semua orang saat itu pasti mendengarnya. Pemberitaan "Kabar Baik" jadi disini yang ditekankan adalah soal aspek kedua 'Injil' yaitu 'kebangkitan orang mati' dan 'penghakiman' orang jahat yang 'telah' berbuat dosa.

Pengertian 'percaya dan bertobat dari dosa' jelas sudah tidak mungkin lagi karena orang-orang itu sudah mati dan menjadi roh, dan dalam ayat-ayat konteks 1 Petrus 4:6 disebut bahwa 'waktu yang sisa' (ayat 2) jelas menunjukkan waktu selagi masih hidup. Dalam konteks ayat tersebut juga disebut bahwa yang dimaksudkan adalah penghakiman berdasarkan 'perbuatan manusia selagi hidup' yaitu antara melakukan 'keinginan manusia' atau 'kehendak Allah' (ayat 2-5) jadi bukan aspek pertama Injil soal 'percaya dan bertobat' yang sudah tidak mungkin lagi (bandingkan dengan Matius 7:21), dan untuk itulah mereka yang masih hidup maupun roh-roh orang mati harus bertanggung jawab dan siap 'dihakimi' (ayat 5) termasuk pada 'orang-orang mati' yang diceritakan pada 1 Petrus 3:19-20 (bandingkan dengan Matius 25:31-46 bahwa manusia dihakimi karena perbuatannya selagi hidup).

Jaminsen

Welcome, TO BE LIKE JESUS

Post a Comment

Previous Post Next Post