7:29 Seluruh orang banyak yang mendengar perkataan-Nya, termasuk para pemungut cukai, mengakui kebenaran Allah, karena mereka telah memberi diri dibaptis oleh Yohanes.
11:10 Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.
11:11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
11:12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.
11:13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes
11:14 dan jika kamu mau menerimanya ialah Elia yang akan datang itu.
YOHANES PEMBAPTIS, NABI TERBESAR :
Yohanes Pembabtis (Nabi Yahya) dipandang sebagai yang terakhir dan yang terbesar dari "persekutuan para nabi" (lihat Matius 11:13).
Tuhan Yesus berkata :
Lukas 7:28
LAI TB, Aku berkata kepadamu: Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak ada seorang pun yang lebih besar dari pada Yohanes, namun yang terkecil dalam Kerajaan Allah lebih besar dari padanya."
KJV, For I say unto you, Among those that are born of women there is not a greater prophet than John the Baptist: but he that is least in the kingdom of God is greater than he.
TR, λεγω γαρ υμιν μειζων εν γεννητοις γυναικων προφητης ιωαννου του βαπτιστου ουδεις εστιν ο δε μικροτερος εν τη βασιλεια του θεου μειζων αυτου εστιν
Translit interlinear, legô {Aku berkata} gar {tetapi} humin {kepada kalian} meizôn {yg lebih besar} en {di antara} gennêtois {(orang2) yg dilahirkan} gunaikôn {dari perempuan2} prophêtês {nabi} iôannou {(daripada) Yuhanes} tou baptistou {pembaptis} oudeis {tidak satupun} estin {adalah} ho {Dia} de {tetapi} mikroteros {yang lebih kecil} en {dalam} tê basileia {kerajaan} tou theou {Allah} meizôn {yang lebih besar} autou {daripadanya} estin {ialah}
OJB, I say to you, among those born of isha there is no one greater than Yochanan, yet he who is least in the Malchut Hashem is greater than he.
Haberit Hakhadashah,
כִּי אֹמֵר אֲנִי לָכֶם אֵין אִישׁ בִּילוּדֵי אִשָּׁה גָּדוֹל מִיּוֹחָנָן הַמַּטְבִּיל וְהַקָּטֹן בְּמַלְכוּת הָאֱלֹהִים יִגְדַּל מִמֶּנּוּ׃
Translit interlinear, KI {sebab} 'OMER {mengatakan} 'ANI {Aku} LAKHEM {kepada kalian} 'EIN {tidak ada} ISH {seorang laki-laki} BILUDEY {orang2 yang dilahirkan} 'ISHAH {seorang perempuan} GADOL {(lebih) besar} MIYOKHANAN {daripada yohanes} HAMAT'BIL {pembaptis} VEHAQATON {namun yang terkecil} BEMAL'KHUT {di kerajaan} HA'ELOHIM {Allah} YIG'DAL {dia lebih besar} MIMENU {darinya (yohanes pembaptis)}
bandingkan:
LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.
KJV, Verily I say unto you, Among them that are born of women there hath not risen a greater than John the Baptist: notwithstanding he that is least in the kingdom of heaven is greater than he.
TR, αμην λεγω υμιν ουκ εγηγερται εν γεννητοις γυναικων μειζων ιωαννου του βαπτιστου ο δε μικροτερος εν τη βασιλεια των ουρανων μειζων αυτου εστιν
Translit interlinear, amên {sesungguhnya} legô {Aku berkata} humin {kepada kalian} ouk {tidak} egêgertai {pernah tampil} en {di antara} gennêtois {yang dilahirkan} gunaikôn {dari perempuan2} meizôn {yang lebih besar} iôannou {dari yohanes} tou baptistou {pembaptis} ho de {tetapi} mikroteros {yang lebih kecil/ yg paling kecil} en {dalam} tê basileia {kerajaan} tôn ouranôn {surga} meizôn {lebih besar} autou {daripada dia} estin {adalah}
"Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil 'nabi' yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis". Perkataan ini bersifat paradoks, bila tidak ada seorang manusiapun yang melampaui kebesaran Yohanes Pembabtis, maka bagaimanakah mungkin ada orang yang lebih besar dari dia? Benarkah diantara para nabi itu tidak ada yang lebih besar dari Nabi Yahya? Bahkan Musa atau Elia? Paradoks ini pasti disengaja.
Seperti yang diakui Yohanes Pembabtis sendiri sendiri bahwa ia bukan Mesias namun diutus mendahului-Nya untuk menjadi corong suara yang meluruskan dan mempersiapkan jalan bagi pengenalan jati-diri Yesus Sang Mesias dan misiNya : "Ditengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal" (Yohanes 1:26)
Dengan peran khusus Yohanes Pembabtis dan posisi sentralnya yang dinyatakan sebagai nabi terbesar (Matius 11:11; Lukas 7:28 ), sedikitnya itu berarti bahwa dialah bukti dan saksi Ilahi yang paling tinggi di dunia ini bagi Yesus sebagai Mesias.
Maksud dikatakan sebagai "yang terbesar" karena Yohanes Pembabtis ini diberi hak istimewa oleh Tuhan untuk mengidentifikasi jati-diri Sang Mesias dengan tanda-ilahi(!) yaitu Roh Kudus (seperti merpati) yang terlihat turun kepada sosok-fisiknya Yesus Sang Mesias. Dengan demikian, Yohanes Pembabtis menjadi saksi mata yang paling shahih, dekat dan langsung "menunjuk hidung" ke sosok Mesias, tanpa usah khawatir akan kesalahan dan kekeliruan sosok akibat rentang generasi dimuka (seperti halnya dengan nabi-nabi lainnya) baru kemudian bisa dicocok-cocokkan lagi nubuatnya oleh gererasi belakang dengan memberi peluang tafsiran yang bisa salah sosok. Yohanes Pembabtis sebagai penunjuk-hidung yang paling absah, memberi 2 (dua) kesaksian yang penting bagi kemanusiaan dalam :
Satu, "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya (Yesus). ….aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah". (Yohanes 1:32-34)
Dua, "Lihatlah (Dia) Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia" (Yohanes 1:29)
Perhatikan dua kata-saksi langsung kepada Mesias. Right now and here "inilah" dan "lihatlah". Dua penyaksian yang berotoritas ini menunjukkan lurus kepada penyaliban Yesus sebagai Anak Allah yang menjadi kurban-tebusan bagi umat manusia:
LAI TB, Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "LIHATLAH ANAK DOMBA ALLAH, YANG MENGHAPUS DOSA DUNIA.
KJV, The next day John seeth Jesus coming unto him, and saith, Behold the Lamb of God, which taketh away the sin of the world.
TR, τη επαυριον βλεπει ο ιωαννης τον ιησουν ερχομενον προς αυτον και λεγει ιδε ο αμνος του θεου ο αιρων την αμαρτιαν του κοσμου
Translit. interlinear, tê epaurion {pada hari yang berikut} blepei {ia melihat} iôannês {Yohanes} ton iêsoun {Yesus} erkhomenon {datang} pros {kepada} auton {dia} kai {dan} legei {berkata} ide {inilah} ho amnos {Anak Domba} tou theou {Allah} ho airôn {yang menanggung/ menyingkirkan, verb - present active participle - nominative singular masculine} tên hamartian {dosa} tou kosmou {dunia}
Maka, maksud Yesus Kristus menyebut Yohanes Pembabtis sebagai "yang terbesar", bisa kita simpulkan : Bahwa tidak pernah muncul seorang dengan kedudukan yang sama tinggi dengan kedudukan Yohanes Pembabtis, dimana ia diperbolehkan menjadi pelopor langsung bagi Sang Mesias, Allah yang inkarnasi turun ke dunia dalam manusia Yesus Kristus.
Yohanes Pembaptis lebih kecil? :
Dalam Matius 11:11 menulis : "yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya" dan dalam Lukas7:28b juga menulis yang sama: "namun yang terkecil dalam Kerajaan Allah lebih besar dari padanya.". Agaknya ini membuat kita bertanya-tanya, bagaimana Yohanes Pembabtis yang sebelumnya dikatakan "yang terbesar" diantara para nabi, sekarang ia dikatakan lebih kecil?
Disini, Tuhan Yesus Kristus tidak berbicara tentang orang yang berada di Sorga, tetapi Yesus membicarakan hal "Kerajaan Sorga/ Kerajaan Allah" (yaitu pemerintahan Allah yang penuh keselamatan) yang menjadi nyata dalam pelayanan Yesus Kristus di bumi.
"WARGA KERAJAAN SURGA" adalah para murid atau orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Dan yang terkecil diantaranya "lebih besar" dari Yohanes Pembabtis. KARENA YOHANES PEMBAPTIS HANYALAH PELOPOR YANG MEMULAI DAN MEMPERSIAPKAN JALAN BAGI SANG MESIAS. Pelopor itu biarpun sangat besar dan sangat penting, ia sendiri belum masuk kepada Kerajaan Allah. Yohanes Pembaptis masih tergolong kepada zaman "Taurat dan nabi-nabi"
HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI BERLAKU SAMPAI KEPADA ZAMAN YOHANES; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya.
Ayat diatas menulis jelas bahwa Yohanes Pembabtis merupakan "NABI TERAKHIR" dari masa yang lama itu, dimana ia sendiri belum kepada zaman "KERAJAAN ALLAH" seperti yang diberitakan Tuhan Yesus Kristus dan yang mulai diwujudkan di dunia ini dengan kedatangan Kristus (lihat Matius 16:16). Dengan perkataan lain : tanpa mengurangi jasa-jasa Yohanes Pembaptis, ia masih tergolong pada zaman yang sudah lewat. Karena ia belum menikmati kekayaan Kerajaan Allah seperti yang dinikmati murid-murid Yesus Kristus yang paling sederhana (kecil). Oleh karena itu posisi para murid ini (orang percaya) berada pada taraf yang lebih tinggi daripada Yohanes Pembabtis. Karena itulah meskipun Yohanes disebut sebagai "yang terbesar" diantara para nabi, namun ia lebih kecil dari yang terkecil di Kerajaan Sorga.
Haleluyah, kita orang-orang yang percaya Kristus, yaitu Jemaat-Nya di zaman Perjanjian Baru mendapatkan anugerah yang "lebih besar" daripada Yohanes Pembabtis!