ANAK DOMBA PASKAH

 




PASKAH PEMBEBASAN BANGSA ISRAEL DARI PERBUDAKAN BANGSA MESIR, ADALAH NUBUAT TENTANG PEMBEBASAN MANUSIA DARI PERBUDAKAN DOSA, YANG DIGENAPI OLEH YESUS KRISTUS 
SEBAGAI ANAK DOMBA PASKAH 

Kejadian 2 : 16-17
Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, SEBAB PADA HARI ENGKAU MEMAKANNYA, PASTILAH ENGKAU MATI."

Roma 6 : 23
Sebab UPAH DOSA IALAH MAUT; tetapi KARUNIA ALLAH ialah HIDUP YANG KEKAL dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Dalam Matius 26:28 dan Lukas 22:19, pada malam sebelum Tuhan Yesus disalibkan, Dia menetapkan suatu peringatan (anamnesis/ zikir) akan korban-Nya, bahwa darah-Nya ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa, Tuhan Yesus lah yang pertama kali merujuk diri-Nya adalah “Anak Domba Paskah” yang darah-Nya ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa "harga nyawa" sebagai pembayaran yang sah atas kematian sebagai upah dari dosa (Kej. 2:17, Rom. 6:23):

Matius 26:28

LAI TB, SEBAB INILAH DARAH-KU, DARAH PERJANJIAN, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

KJV, For this is my blood of the new testament, which is shed for many for the remission of sins.

TR, τοῦτο γάρ ἐστιν τὸ αἷμά μου τὸ τῆς καινῆς διαθήκης τὸ περὶ πολλῶν ἐκχυνόμενον εἰς ἄφεσιν ἁμαρτιῶν

Translit interlinear, touto {inilah} gar {sebab} estin {adalah} to haima {darah} mou {-Ku} to tês kainês {yang baru} diathêkês {perjanjian/ ketetapan} to peri {yang bagi} pollôn {banyak (orang)} ekkhunomenon {ditumpahkan} eis {untuk} aphesin {pengampunan} hamartiôn {dosa-dosa}

OJB, For this is my Dahm HaBrit HaChadasha, which is poured out LARABBIM for the selicha (forgiveness) of chattaim (sins).

Ha-Berit,

כִּי זֶה הוּא דָּמִי דַּם־הַבְּרִית הַחֲדָשָׁה הַנִּשְׁפָּךְ בְּעַד רַבִּים לִסְלִיחַת חֲטָאִים׃

Translit interlinear, KI {sebab} ZEH {inilah} HU {dia} DAMI {darah-Ku} DAM {darah} -HABERIT {perjanjian} HAKHADASHAH {baru} HANISH'PAKH {yang ditumpahkan} BE'AD {kepada} RABIM {banyak (orang)} LIS'LIKHAT {untuk pengampunan} KHATA'IM {dosa-dosa}

Lukas 22:19

LAI TB, Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "INILAH TUBUH-KU YANG DISERAHKAN BAGI KAMU; PERBUATLAH INI MENJADI PERINGATAN AKAN AKU."

KJV, And he took bread, and gave thanks, and brake it, and gave unto them, saying, This is my body which is given for you: this do in remembrance of me.

TR, και λαβων αρτον ευχαριστησας εκλασεν και εδωκεν αυτοις λεγων τουτο εστιν το σωμα μου το υπερ υμων διδομενον τουτο ποιειτε εις την εμην αναμνησιν

Translit interlinear, kai {lalu} labôn {mengambil} arton {roti} eukharistêsas {setelah mengucap syukur} eklasen {Ia membelah-belah} kai {dan} edôken {memberikan} autois {kepada mereka} legôn {berkata} touto {ini} estin {adalah} to sôma {tubuh} mou {-Ku} to huper {bagi} humôn {kamu} didomenon {diberikan} touto {ini} poieite {perbuatlah} eis {menjadi} tên emên {Aku} anamnêsin {sesuatu untuk mengenang}

OJB, And having taken the Afikoman and having made the hamotzi, Rebbe, Melech HaMoshiach broke the matzah and gave it to them, saying, This is my BASAR being given for you: this do in zikaron (remembrance) of me.

Ha-Berit,

וַיִּקַּח אֶת־הַלֶּחֶם וַיְבָרֶךְ וַיִּבְצַע וַיִּתֵּן לָהֶם וַיֹּאמַר זֶה גוּפִי הַנִּתָּן בַּעַדְכֶם זֹאת עֲשׂוֹּ לְזִכְרִי׃

Translit interlinear, VAYIQAKH {dan dia mengambil} 'ET-HALEKHEM {roti itu} VAY'VAREKH {dan Dia memberkati} VAYIV'TSA' {dan Dia memecah2kan-nya} VAYITEN {dan Dia memberikan} LAHEM {kepada mereka} LE'MOR {berkata} ZEH {inilah} GUFI {tubuh-Ku} HANITAN {yang diberikan} BA'AD'KHEM {kalian kerjakanlah (ibadahkanlah)} ZOT {ini} LEZIKH'RI {untuk mengingat-Ku, sebagai zikir kepada-Ku, Verb Qal Infinitive + Suffix pronomina 1st person}

Sabda Tuhan Yesus ini dipahami secara penuh oleh Rabbi Saul. Dalam surat penggembalaannya kepada Jemaat di Korintus tentang Paskah, ia mengajarkan tentang esensi Paskah yang baru bagi jemaat Kristus. Rasul Paulus adalah seorang Rabbi, maka tulisannya (yang walaupun ditulis dalam bahasa Yunani), nafas dan semangatnya tetap sangat Yahudi. Jemaat di Korintus yang kemungkinan jemaatnya adalah gabungan dari orang-orang yang berasal dari Goyim (Non Yahudi) dan juga orang-orang Yahudi yang percaya. Rabbi Saul tetap menggunakan gaya-nya yang Yahudi. Dengan asumsi bahwa pembacanya telah memahami liturgi ibadah, juga budaya/ adat istiadat Yahudi. Ia menulis demikian:

1 Korintus 5:7-8

5:7 LAI TB, Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus.

KJV, Purge out therefore the old leaven, that ye may be a new lump, as ye are unleavened. For even Christ our passover is sacrificed for us:

TR, ἐκκαθάρατε οὖν τὴν παλαιὰν ζύμην ἵνα ἦτε νέον φύραμα καθώς ἐστε ἄζυμοι· καὶ γὰρ τὸ πάσχα ἡμῶν ὑπὲρ ἡμῶν ἐτύθη Χριστός

Translit interlinear, ekkatharate {bersihkan dengan tuntas} oun tên palaian {yang lama} zumên {ragi} hina {supaya} ête {kalian menjadi} neon {baru} phurama {adonan} kathôs {sebab} este {kalian adalah} azumoi {(roti2 yang) tidak beragi, adjective - nominative plural masculine} kai {memang} gar {sebab} to paskha {Domba Paskah} hêmôn {kita} huper {untuk} hêmôn {kita} ethuthê {telah disembelih} khristos {yaitu Kristus}

OJB, Purge out the old chametz (leavened bread), that you may be issa chadasha (new dough, batzek, deaf dough, having no indication of fermentation), as you are indeed like matzot (unleavened bread). More than that, our Korban Pesach has been sacrificed, Moshiach. [SHEMOT 12:3-6,21]

Haberit Hakhadashah,

בַּעֲרוּ אֶת־הַשְּׂאוֹר הַיָּשָׁן לְמַעַן תִּהְיוּ עִסָּה חֲדָשָׁה הֲלֹא לֶחֶם מַצּוֹת אַתֶּם כִּי גַּם־לָנוּ פִסְחֵנוּ הַנִּזְבָּח בַּעֲדֵנוּ הוּא הַמָּשִׁיחַ׃

Translit interlinear, BA'ARU {kalian buanglah} 'ET- {pada} HAS'OR {ragi} HAYASHAN {yang lama} LEMA'AN {supaya} TIH'YU {kalian menjadi} 'ISAH {adonan} HADASHAH {yang baru} HALO {bukankah} LEKHEM {roti} MATSOT {tanpa ragi} 'ATEM {kalian adalah} KI {sebab} GAM- {juga} LANU {pada jita} FIS'KHENU {telah menjadi (domba) paskah bagi kita} HANIZ'BAKH {yang dibunuh untuk dikorbankan} BA'ADENU {demi kita} HU MAHASHIAKH

ROTI YANG TIDAK BERAGI YAITU KEMURNIAN DAN KEBENARAN

5:8 LAI TB, Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan ROTI YANG TIDAK BERAGI, yaitu KEMURNIAN dan KEBENARAN.

KJV, Therefore let us keep the feast, not with old leaven, neither with the leaven of malice and wickedness; but with the unleavened bread of sincerity and truth.

TR, ὥστε ἑορτάζωμεν μὴ ἐν ζύμῃ παλαιᾷ μηδὲ ἐν ζύμῃ κακίας καὶ πονηρίας ἀλλ᾽ ἐν ἀζύμοις εἰλικρινείας καὶ ἀληθείας

Translit interlinear, hôste {karena itu} eortazômen {marilah merayakan paskah (seperti org yahudi)} mê {bukan} en {dengan} zumê {ragi} palaia {lama} mêde {juga bukan} en {dengan} zumê {ragi} kakias {yang buruk} kai {juga} ponêrias {kejahatan} all {tetapi} en {dengan} azumois {(roti yang) tidak beragi} eilikrineias {(yang melambangkan) ketulusan2} kai {dan} alêtheias {kebenaran}

OJB, So let us celebrate Pesach, not with old chametz, nor with the chametz of kavvanah ra’ah (malice) and wickedness, but with matzot of kenut (sincerity) and emes. [SHEMOT 12:14,15; DEVARIM 16:3]

Haberit Hakhadashah,

עַל־כֵּן נָחֹגָּה־נָּא הֶחָג לֹא־בִשְׂאֹר יָשָׁן וְלֹא־בִשְׂאֹר רָעָה וָרֶשַׁע כִּי אִם־בְּמַצּוֹת הַתֹּם וְהָאֱמֶת׃

Translit interlinear, 'AL-KEN {oleh karena itu} NAKHOGAH-NA {marilah kita merayakan} HAKHAG {perayaan} LO- {yang tidak} VIS'OR {di dalam ragi} YASHAN {yang lama} VELO- {juga tidak} BIS'OR {di dalam ragi} RA'AH {keburukan} VARESHA' {dan kejahatan} KI {tetapi} 'IM- {dengan} BEMATSOT {roti tanpa ragi} HATOM {yaitu kemurnian} VEHA'EMET {dan kebenaran}

Jika kita membaca ayat di atas, tampaknya jemaat di Korintus masih merayakan Paskah Yahudi, yang oleh karenanya Rabbi Saul menggunakan momen itu sebagai dasar dari pengajarannya. Dan dari sini Rabbi Saul menjelaskan kepada mereka bahwa Yesus Kristus itu telah datang sebagai persembahan Korban Paskah, sebagai Pendamai / Kurban pengampunan dosa ( (Ibrani: כַּפָּרָה - KAPORAH). Karena mereka sudah ditebus dan menjadi bagian dari Jemaat-Nya, maka hendaknya mereka kini hidup didalam kekudusan dengan membuang "ragi mereka yang lama."

PASKAH: DILALUKAN/DILUPUTKAN DARI PERBUDÀKAN MESIR DITANDAI DENGAN DARAH ANAK DOMBA

Paskah Yahudi memiliki khas, bahwa dalam periode peringatan hari Raya Paskah mereka itu tidak boleh mengkonsumsi, membuat atau bahkan menyimpan makanan-makanan (roti) yang mengandung ragi (Ibrani: חָמֵץ - KHAMETS). Dan dalam periode Paskah Yahudi itu mereka mengkonsumsi Roti yang khas, yaitu "Roti Tidak Beragi" (Ibrani: מַצָּה - MATSAH; Yunani: ἄζυμος - azumos). Ragi-ragi yang lama itu harus dibuang.

Anggota jemaat Kristus di Korintus adalah gabungan dari orang non-Yahudi (GOYIM) dalam artian "KAFIR" (mantan penyembah-penyembah dewa pagan), dan juga dari kalangan Goyim Proselit (orang Non Yahudi yang takut akan Allah Israel). Dan kemungkinan juga terdapat orang-orang Yahudi yang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Maka, dengan demikian tampaknya sebagian dari mereka memahami ungkapan yang digunakan Rabbi Saul tentang Paskah Yahudi dan makna dari Hari Raya Paskah itu. Jika tidak, pengajaran dari Rabbi Saul ini tidak akan berarti bagi mereka.

Maka, dengan demikian, jemaat Kristus di Korintus, mereka memahami Kisah Keluaran Bangsa Israel dari Mesir (Eksodus) dan mengerti bahwa pada saat itu ALLAH MEMINTA BANGSA 
ISRAEL UNTUK MEMBUBUHKAN DARAH ANAK 
DOMBA PADA KEDUA TIANG PINTU DAN AMBANG PINTU RUMAH MEREKA (Keluaran 12:7). Hal itu supaya anak sulung mereka dilalukan dari maut pada saat tulah ke sepuluh ( מַכַּת בְּכוֹרוֹת - MAKAT BEKHOROT) terjadi di tanah Mesir. Peristiwa ini disebut"Paskah" ( פֶּסַח - PESAKH), yang berarti "DILALUKAN." Jadi penebusan dari perbudakan di tanah Mesir ditandai dengan darah. Sejak saat itu Bangsa Israel bebas dari perbudakan dan keluar dari tanah Mesir.

Namun Rabbi Saul bukan bermaksud agar Jemaat di Korintus merayakan Paskah seperti yang dilakukan orang Yahudi lainnya secara literal (sebab ini bukan intinya!). Sebaliknya, Rabbi Saul menggunakan peristiwa "Paskah Yahudi" itu sebagai simbol, dan sebagai ilustrasi, tentang bagaimana kemurnian/ kekudusan itu adalah hal yang sangat serius untuk diperhatikan, agar jangan jemaat di Korintus itu lalai dan tetap di dalam kehidupan dosa, dan enggan untuk bertobat.

RAGI ADALAH SIMBOL DARI DOSA

Rabbi Saul dalam pengajarannya ini menggunakan "ragi yang lama" sebagai suatu lambang "dosa" atau sikap-sikap "keduniawian" yang merusak kehidupan jemaat. Dalam konteks yang lebih luas Rabbi Saul mengatakan kepada murid-muridnya untuk menghindari perbuatan dosa terus menerus dilakukan mereka, kendati mereka sudah menjadi orang-orang yang percaya Kristus. Mereka harus membuang "RAGI KEJAHATAN" atau "RAGI KEBERDOSAAN" atau "ragi keduniawian." Sama seperti ketika orang Yahudi menyingkirkan ragi sebelum memasuki Hari Raya Paskah dan membuat adonan roti baru dengan tanpa menggunakan ragi untuk merayakan Hari Raya Paskah itu.

ISTILAH RAGI YANG DIUCAPKAN YESUS 

Matius 16 : 6
Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

Lukas 12 : 1
Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi.

Dengan ilustrasi yang demikian, diharapkan agar jemaat di Korintus untuk juga berusaha untuk menjadi adonan yang baru baru dan tidak beragi (ragi keberdosaan). Mereka harus membersihkan "ragi mereka yang lama" dan konsisten mengusir dosa dari kehidupan baru mereka. Jemaat Kristus harus mampu menjadi "Manusia baru"(Yunani: καινὸς ἄνθρωπος - KAINOS ANTHRÔPOS, Ibrani: הָאָדָם הֶחָדָשׁ - HAADAM HEKHADOSH):

Efesus 4:24

LAI TB, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.

KJV, And that ye put on the new man, which after God is created in righteousness and true holiness.

TR, καὶ ἐνδύσασθαι τὸν καινὸν ἄνθρωπον τὸν κατὰ θεὸν κτισθέντα ἐν δικαιοσύνῃ καὶ ὁσιότητι τῆς ἀληθείας

Translit interlinear, kai {dan} endusasthai {mengenakan} ton kainon {yang baru} anthrôpon {manusia} ton kata {menurut (kehendak)} theon {Allah} ktisthenta {dia telah diciptakan} en {di dalam} dikaiosunê {kebenaran} kai {dan} hosiotêti {kekudusan} tês alêtheias {yang sesungguhnya}

OJB, And to enrobe yourself in the Adam HeChadash (the new Man, humanity) having been created according to the demut Hashem in tzidkat Eloheinu and in the kedushah of HaEmes.

Haberit Hakhadashah,

וְלִלְבּשׁ אֶת־הָאָדָם הֶחָדָשׁ הַנִּבְרָא כִּדְמוּת אֱלֹהִים בִּצְדָקָה וּקְדֻשַּׁת הָאֱמֶת׃

Translit interlinear, VELIL'BOSH {dan mengenakan} 'ET- {pada} HA'ADAM {manusia} HEKHADASH {baru} HANIV'RA {yag telah diciptakan} KID'MUT {menuurt citra} ELOHIM {Allah} BITS'DAQAH {di dalam kebenaran} UQEDUSHAT {dan kekudusan} HA'EMET {yang sesungguhnya}

Kematian Kristus menjadi penggenap dari segala ritual ibadah Yahudi yang mempersembahkan korban darah binatang, sejak mula manusia hidup di bumi. 

Inilah esensi Paskah yang baru bagi jemaat Kristus yang menggenapi Paskah Yahudi. Penghayatan Kristus sebagai Anak Domba Paskah pada momen "PASKAH YAHUDI" di dalam pengajaran Rabbi Saul memberikan konfirmasi ulang bagi jemaat Kristus untuk mengingat korban Kristus sebagai babak baru peringatan paskah, sekaligus sebagai dorongan agar Jemaat Korintus konsisten untuk hidup kudus dan membuang "ragi keberdosaan" manusia lama mereka. Inilah misi utama penginjilan yang dilakukan Rabbi Saul:

2 Timotius 2:8

LAI TB, "Ingatlah ini: Yesus Kristus, yang telah bangkit dari antara orang mati, yang telah dilahirkan sebagai keturunan Daud, itulah yang kuberitakan dalam Injilku.

KJV,Remember that Jesus Christ of the seed of David was raised from the dead according to my gospel:

TR, Μνημόνευε Ἰησοῦν Χριστὸν ἐγηγερμένον ἐκ νεκρῶν ἐκ σπέρματος Δαβίδ κατὰ τὸ εὐαγγέλιόν μου

Translit interlinear, mnêmoneue {ingatlah, verb - present active imperative - second person singular} iêsoun {Yesus} khriston {Kristus} egêgermenon {(yang) telah dibangkitkan} ek {dari} nekrôn {(orang-orang) mati} ek {dari} spermatos {(lahir dari) keturunan} dabid {daud} kata {menurut} to euaggelion {kabar baik} mou {-ku}

OJB, Remember Rebbe, Melech HaMoshiach Yehoshua, of the zera Dovid, and remember the Techiyas HaMoshiach, according to my Besuras HaGeulah,

Haberit Hakhadashah,

זָכוֹר תִּזְכֹּר אֵת יֵשׁוּעַ הַמָּשִׁיחַ הַנֵּעוֹר מִן־הַמֵּתִים אֲשֶׁר הוּא מִזֶּרַע דָּוִד כִּבְשׂוֹרָתִי׃

Translit interlinear, ZEKOR TIZ'KOR {ingatlah dengan sungguh-sungguh, majas tautological infinitive} 'ET {pada} -YESHUA' HAMASHIAKH {Yesus Sang Mesias} HANE'OR {yang Dia bangkit} MIN- {dari antara} HAMETIM {orang-orang mati} 'ASHER {yang} HU {Dia} MIZERA' {berasal dari benih (keturunan)} DAVID {daud} KIV'SORATI {seperti dalam pemberitaan injilku}


KUASA DARAH YESUS KRISTUS

1. ALAT PENYUCIAN DARI DOSA

Alkitab Perjanjian Baru mencatat beberapa istilah yang menunjuk tentang kuasa dari darah Yesus Kristus bagi orang percaya, yaitu:
Darah Yesus Kristus adalah ALAT PEMBASUHAN 
dosa manusia.

1 Yohanes 1 : 7
Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, MENYUCIKAN 
KITA DARI PADA SEGALA DOSA.

2. ALAT PENGHAPUS DOSA

Ibrani 13 : 11
Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban PENGHAPUS DOSA, dibakar di luar perkemahan.

3. ALAT PEMBENARAN

Darah Yesus Kristus adalah ALAT PEMBENARAN BAGI MANUSIA BERDOSA di hadapan Allah.

Roma 5 : 9
Lebih-lebih, karena kita sekarang telah DIBENARKAN OLEH DARAH-NYA, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

4. ALAT PENEBUSAN

Efesus 1:7, Roma 5:9-10
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT PENEBUSAN .

Efesus 1 : 7
Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh PENEBUSAN, yaitu PENGAMPUNAN 
dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.

Wahyu 5 : 9
Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah MEMBELI mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

5. ALAT PERDAMAIAN

Kolose 1:19-20, Roma 5 : 9-10 & Roma 3:25
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT PENDAMAIAN MANUSIA DENGAN ALLAH yang kudus.

Kolose 1 : 19-20
Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh Dialah Ia MEMPERDAMAIKAN segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Roma 5 : 9-10
Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, DIPERDAMAIKAN 
DENGAN ALLAH oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan
pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Roma 3 : 25
Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi JALAN PENDAMAIAN karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya.

6. ALAT SEBAGAI JEMBATAN KEPADA ALLAH

Darah Yesus Kristus merupakan JEMBATAN YANG OLEHNYA MANUSIA BERJALAN MENUJU ALLAH.

Efesus 2 : 13
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "DEKAT" oleh darah Kristus.

7. ALAT PEMBERSIH HATI NURANI

Darah Yesus Kristus MEMBERSIHKAN HATI NURANI MANUSIA YANG BERDOSA.

Ibrani 9 : 13
Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah.

yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan MENYUCIKAN HATI NURANI KITA dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

8. ALAT MENGUDUSKAN MANUSIA

Ibrani 13:11-12
Darah Yesus Kristus sebagai ALAT MENGUDUSKAN MANUSIA.

Ibrani 13 : 11-13
Karena tubuh binatang-binatang yang darahnya dibawa masuk ke tempat kudus oleh Imam Besar sebagai korban penghapus dosa, dibakar di luar perkemahan. Itu jugalah sebabnya Yesus telah menderita di luar pintu gerbang untuk MENGUDUSKAN UMAT-NYA dengan darah-Nya sendiri.

9. ALAT PERSEKUTUAN MANUSIA & ALLAH

Adanya PERSEKUTUAN ANTARA MANUSIA 
DENGAN ALLAH melalui darah Yesus Kristus.

1 Korintus 10 : 16-17
Bukankah cawan pengucapan syukur, yang atasnya kita ucapkan syukur, adalah PERSEKUTUAN dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita pecah-pecahkan adalah persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.

10. DARAH PERJANJIAN KEKAL

Darah Yesus Kristus juga disebut sebagai DARAH PERJANJIAN KEKAL.

Ibrani 13 : 20
Maka Allah damai sejahtera, yang oleh DARAH PERJANJIAN YANG KEKAL telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita, kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.

11. MENJADI SUATU KERAJAAN DAN IMAM-IMAM BAGI ALLAH

Wahyu 1:5-6, 5:9-10
Orang percaya dapat MENJADI IMAM-IMAN DALAM SUATU KERAJAAN, itu karena darah Yesus Kristus.

Wahyu 1 : 5-6
dan dari Yesus Kristus, Saksi yang setia, yang pertama bangkit dari antara orang mati dan yang berkuasa atas raja-raja bumi ini. Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya, dan yang telah membuat kita menjadi SUATU KERAJAANMENJADI IMAM-IMAM BAGI ALLAH, Bapa-Nya, bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin.

Wahyu 5 : 10
Dan Engkau telah membuat mereka menjadi suatu kerajaan, dan menjadi IMAM-IMAM bagi Allah kita, dan mereka akan memerintah sebagai RAJA di bumi."

12. MEMBINASAKAN IBLIS

Darah Yesus Kristus merupakan senjata yang ampuh untuk MENGHANCURKAN IBLIS.

Wahyu 12 : 11
Dan mereka MENGALAHKAN dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut.

13. MEMBERIKAN HIDUP KEKAL

Yohanes 6:53-63
Manusia MEMPEROLEH KEHIDUPAN KEKAL hanya melalui darah Yesus Kristus.

Yohanes 6 : 53-54
Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

14. PENYEMPURNAAN HIDUP

Ibrani 6:1-2, 7:11-19
PROSES PENYEMPURNAAN HIDUP kekristenan kita, tidak terlepas dari darah Yesus Kristus.


Jaminsen

Welcome, TO BE LIKE JESUS

Post a Comment

Previous Post Next Post