DALAM PERJANJIAN LAMA - HUKUM TAURAT:
Darah (Ibrani, דָּם - DAM) ditentukan dan disediakan Allah dalam Alkitab, sebab itu mengandung kuasa untuk mengadakan korban penebusan. Adalah suatu kekejian bagi orang itu yang menumpahkannya dengan tidak senonoh, Kejadian 9:4-5; Imamat 7:26; 17:11-13.
9: 4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.
9:5 LAI TB, Tetapi mengenai DARAH kamu, yakni NYAWA kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia.
KJV, And surely your blood of your lives will I require; at the hand of every beast will I require it, and at the hand of man; at the hand of every man's brother will I require the life of man.
Hebrew,
וְאַךְ אֶת־דִּמְכֶם לְנַפְשֹׁתֵיכֶם אֶדְרֹשׁ מִיַּד כָּל־חַיָּה אֶדְרְשֶׁנּוּ וּמִיַּד הָאָדָם מִיַּד אִישׁ אָחִיו אֶדְרֹשׁ אֶת־נֶפֶשׁ הָאָדָם׃
Translit interlinear, VE'AKH {dan tetapi} 'ET-DIM'KHEM {pada darah kalian} LENAFSHOTEYKHEM {yaitu nyaw kalian} 'ED'ROSH {Aku akan menuntut} MIYAD {pada tangan} KOL-KHAYAH {dari seluruh makhluk} 'ED'RESHENU {aku akan menuntutnya} UMIYAD {pada tangan} HA'ADAM {manusia} MIYAD {dari tangan} 'ISH {manusia} 'AKHIV {saudaranya} 'ED'ROSH {Aku akan menuntut} 'ET-NEFESH {pada nyawa} HA'ADAM {sesama manusia}
9:6 LAI TB, Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.
KJV, Whoso sheddeth man's blood, by man shall his blood be shed: for in the image of God made he man.
Hebrew,
שֹׁפֵךְ דַּם הָאָדָם בָּאָדָם דָּמֹו יִשָּׁפֵךְ כִּי בְּצֶלֶם אֱלֹהִים עָשָׂה אֶת־הָאָדָם׃
Translit interlinear, SHOFEKH {siapa yang menumpahkan} DAM {darah} HA'ADAM {manusia} BA'ADAM {dari manusia} DAMO {darahnya} YISHAFEKH {dia akan menumpahkan} KI {sebab} BETSELEM {dari gambar} 'ELOHIM {Allah} 'ASAH {Dia telah menjadikan} 'ET-HA'ADAM {pada manusia}
Dalam Hukum Taurat, pembalasan terhadap seorang pembunuh ialah menuntut darahnya. Bilangan 35:27; Ulangan 24:16, seorang yang menumpahkan darah dengan tak disengaja boleh melarikan diri kesalah satu kota perlindungan yang telah tersedia. Bilangan 35:22-23; Ulangan 19:4-6.
Darah di dalam PL dianggap sebagai tempat adanya hidup (Kejadian 9:5; Imamat 17:11 dan lain-lain). Oleh karena hidup adalah milik Allah, maka penggunaan darah dilarang keras (1 Samuel 14:31-34; Kejadian 9:3-4; mengenai tata-hukumnya lihat Imamat 3:17; Ulangan 12:23 dan lain-lain). Dari sudut lain dikenal adanya berbagai ritus Darah di Israel: Pada saat memerciki altar. Darah dinyatakan sebagai milik YHVH. Darah dipakai untuk mengadakan perdamaian (Ibrani 9:22) dan mengukuhkan ikatan: perjanjian antara YHVH dengan umatNya (Keluaran 24:3-8). Kedua pihak menjadi semacam kerabat sedarah (anggota keluarga). Adapun Darah yang dicurahkan itu berteriak kepada Tuhan untuk menuntut balas:
Kejadian 4:10
LAI TB, Firman-Nya: "Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah.
KJV, And he said, What hast thou done? the voice of thy brother's blood crieth unto me from the ground.
Hebrew,
וַיֹּאמֶר מֶה עָשִׂיתָ קֹול דְּמֵי אָחִיךָ צֹעֲקִים אֵלַי מִן־הָאֲדָמָה׃
Translit interlinear, VAYOMER {dan Dia berkata} MEH {apa} 'ASITA {(yang) engkau telah berbuat} KOL {suara} DEMEY {darah-darah dari} 'AKHIKHA {adik-mu} TSO'AQIM {berteriak2} 'ELAI {kepada-Ku} MIN-HA'ADAMAH {dari tanah}
Beberapa orang yang telah mengklaim bahwa secara harfiah "darah" adalah "jiwa". Pendapat ini keliru dan menggelikan. Sebaliknya, jiwa Anda terdiri dari pikiran, emosi, kecerdasan dan keinginan. Jika darah adalah jiwa Anda, maka setiapkali Anda berdarah, sebagian pikiran, emosi, keinginan, dan bahkan kemampuan kecerdasan Anda akan terbuang. Dalam transfusi darah, Anda menerima sebagian kepribadian, Bayangkanlah jika jiwa seseorang (kemauan, emosi dan pikiran) ada dalam satu liter darah yang tersimpan dalam lemari pendingin di laboratorium. Ini kedengarannya sangat sederhana, tetapi ini harus ditujukan karena beberapa orang benar-benar percaya bahwa darah adalah jiwa.
DARAH DAN NAFAS YANG DIHEMBUSKAN ALLAH: NESHAMAH
Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
Kejadian 2:7
LAI TB, ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
KJV, And the LORD God formed man of the dust of the ground, and breathed into his nostrils the breath of life; and man became a living soul.
Hebrew,
וַיִּיצֶר יְהוָה אֱלֹהִים אֶת־הָאָדָם עָפָר מִן־הָאֲדָמָה וַיִּפַּח בְּאַפָּיו נִשְׁמַת חַיִּים וַיְהִי הָאָדָם לְנֶפֶשׁ חַיָּה׃
Translit Interlinear, VAYITSER {dan Dia membentuk, Verb Qal Imperfect 3rd Mas. Sing.} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) 'ELOHIM {Allah} 'ET-HA'ADAM {pada manusia itu} 'AFAR {debu} MIN-HA'ADAMAH {dari tanah} VAYIPAKH {dan Dia menghembuskan} BE'APAV {ke dalam hidungnya} NISH'MAT {nafas} KHAYIM {hidup} VAYEHI {jadilah} HA'ADAM {manusia itu} LENEFESH KHAYAH {menjadi jiwa (makhluk) yang hidup}
Catatan : "NISH'MAT KHAYIM" - "nafas" kehidupan
Adam bagaikan model tanah liat ketika Allah membentuknya dari debu tanah. Ia dibentuk lengkap dengan kaki, tangan, dada, dan otot-otot tubuh, jantung, jaringan paru-paru, perut dan organ vital yang lain yang telah ditempatkan, tetapi belum memiliki kehidupan. Belum ada darah yang terpompa dalam urat nadi Adam. Alkitab berkata “menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya.”
Kata Ibrani נְשָׁמָה - NESHAMAH, "nafas" dalam ayat ini berarti "roh". Tubuh Adam terbuat dari debu tanah tetapi manusia rohaninya dibentuk oleh roh Allah. Allah menghembuskan nafas hidup ke dalam hidung dari benda mati yang berbentuk seperti manusia dan darah tercipta dalam daerah jantung dan paru-paru. Kemudian, darah itu mengalir ke seluruh tubuh menjadi "makhluk yang hidup," penuh dengan kehidupan.
Secara fisik, Adam tidak harus mati. Tubuhnya tidak dimaksudkan untuk melewati proses menjadi tua. Darah yang sebenarnya terpompa dalam nadinya sempurna, tanpa dicemari oleh dosa dan kematian. Darahnya berbeda dengan darah kita sekarang ini.
Ketika Adam berbuat dosa, beberapa hal terjadi: Pertama, manusia rohaninya mati, ia tidak mati secara fisik tetapi tubuhnya, termasuk darahnya, mejadi sasaran kematian. Mati secara jasmani memerlukan waktu lama, tetapi ia dengan sekaligus mengalami mati secara rohani pada saat ia melakukan dosa. Tubuhnya yang seharusnya kekal tiba-tiba menjadi sasaran kematian. Sejak saat itu, darah dari Adam menjadi tempat binasa dan darah keturunannya menjadi tercemar dan berada di bawah kutuk kematian. Ia dengan sekaligus terpisah dari Allah, tidak dapat melihat Allah dan berhubungan dengan Allah sebagaimaan sebelum ia melakukan dosa dan mengalami kehidupan di Taman Eden.
NYAWA MAKHLUK HIDUP ADA DALAM DARAHNYA:
Secara biologis, ada hubungan darah dan kehidupan. Tanpa ada darah yang mengalir dalam tubuh, tidak akan ada kehidupan. Tubuh bergantung sepenuhnya pada darah. Telinga yang putus mungkin tidak dapat begitu saja dapat dijahit kembali ke kepala. Tetapi darah tidak begitu saja dialirkan kembali ketubuh Anda sesudah ia dikeluarkan selama sepuluh jam. Kecuali dengan perlakuan khusus, darah menurun keadaannya segera sesudah keluar dari tubuh. Bagaimana darah manusia dapat menjadi binasa seperti ini?
Alkitab menyatakan: Nyawa makhluk hidup ada di dalam darahnya
Imamat 17:11
LAI TB, Karena NYAWA MAKHLUK ADA DI DALAM DARAHNYA dan Aku telah memberikan darah (DAM) itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah (DAM) mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.
KJV, For the life of the flesh is in the blood: and I have given it to you upon the altar to make an atonement for your souls: for it is the blood that maketh an atonement for the soul
Hebrew,
כִּי נֶפֶשׁ הַבָּשָׂר בַּדָּם הִוא וַאֲנִי נְתַתִּיו לָכֶם עַל־הַמִּזְבֵּחַ לְכַפֵּר עַל־נַפְשֹׁתֵיכֶם כִּי־הַדָּם הוּא בַּנֶּפֶשׁ יְכַפֵּר׃
Translit interlinear, KI {karena}-NEFESH {nyawa} HABASAR {dari makhluk (daging)} BADAM {di dalam darahnya} HI {dia adalah} VA'ANI {dan Aku} NETATIV {Aku telah memberikan, Verb Qal Perfect 1st Com. Sing.} LAKHEM {kepada kalian} 'AL-HAMIZ'BE'AKH {di atas mezbah} LEKHAPER {untuk mengadakan pendamaian/ penebusan} 'AL-NAF'SHOTEIKHEM {kepada nyawa kalian} KI {sebab} -HADAM {darah itu} HU {dia adalah} BANEFESH {di dalam nyawa} YEKHAPER {dia mengadakan pendamaian/ penebusan, Verb Piel Imperfect 3rd Mas. Sing.}
Lebih lanjut kita membaca :
Imamat 17:14
LAI TB, Karena darah (DAM) itulah nyawa segala makhluk. Sebab itu Aku telah berfirman kepada orang Israel: Darah (DAM) makhluk apa pun janganlah kamu makan, karena darah itulah nyawa segala makhluk: setiap orang yang memakannya haruslah dilenyapkan.
KJV, For it is the life of all flesh; the blood of it is for the life thereof: therefore I said unto the children of Israel, Ye shall eat the blood of no manner of flesh: for the life of all flesh is the blood thereof: whosoever eateth it shall be cut off
Hebrew,
כִּי־נֶפֶשׁ כָּל־בָּשָׂר דָּמֹו בְנַפְשֹׁו הוּא וָאֹמַר לִבְנֵי יִשְׂרָאֵל דַּם כָּל־בָּשָׂר לֹא תֹאכֵלוּ כִּי נֶפֶשׁ כָּל־בָּשָׂר דָּמֹו הִוא כָּל־אֹכְלָיו יִכָּרֵת׃
Translit interlinear, KI {sebab} -NEFESH {nyawa} KOL {setiap dari} -BASAR {makhluk (daging)} DAMO {pada darahnya} VENAF'SHO {dan nyawanya} HU {dia adalah} VA'OMAR {maka Aku berfirman} LIV'NEY {di hadapan} YISRA'EL {orang Israel} DAM {darah} KOL {setiap dari} -BASAR {makhluk (daging)} LO {jangan} TOKHELU {kalian memakan} KI {sebab} NEFESH {nyawa} KOL {setiap dari} -BASAR {makhluk (daging)} DAMO {pada darahnya} HI {dia adalah} KOL {semua orang} -'OKH'LAV {yang memakannya} YIKARET {dia akan dilenyapkan}
Secara biologis, ada hubungan darah dan kehidupan makhluk-makhluk berdaging (yang dagingnya dialiri darah). Tanpa ada darah yang mengalir dalam tubuh/ daging tsb, tidak akan ada kehidupan. Tubuh/ daging bergantung sepenuhnya pada darah. Telinga yang putus mungkin tidak dapat begitu saja dapat dijahit kembali ke kepala. Tetapi darah tidak begitu saja dialirkan kembali ketubuh Anda sesudah ia dikeluarkan selama sepuluh jam. Kecuali dengan perlakuan khusus, darah menurun keadaannya segera sesudah keluar dari tubuh.
Manusia dan binatang smaa-sama memiliki darah. Namun binatang tidak memiliki komponen א - 'ALEF yang terkoneksi dengan Allah, Sang penciptanya. Sebaliknya hanya manusia yang memiliki hubungan dengan Allah Sang Pencipta.
ALIRAN DARAH DALAM TUBUH MANUSIA:
Kembali kepada kata Ibrani: דָּם - DAM, darah. Pertanyaannya: Seberapa panjang aliran-aliran darah dalam tubuh manusia? Ada informasi yang mengatakan bahwa pada orang dewasa kurang lebih terdapat 90.000 km kapiler (pembuluh darah kecil). Ini adalah 2x dari panjang keliling Bumi (kira-kira 40.000 km). Betapa menakjubkan kenyataan ini.
MANUSIA: KOMPOSISI SEMPURNA ANTARA FISIK DAN SPIRITUAL
Bahwa דָּם - DAM, darah itu menunjukkan sisi fisik manusia yang sangat menakjubkan. Sisi "fisik" dan "spiritual" dari manusia harus menjadi kombinasi yang sempurna. Sebagaimana kata אָדָם - 'ADAM itu. Bahwa ada sisi spiritual: א - ALEF - אָלֶף , yang terhubung dengan Nama Allah Aksara 4-Huruf Suci, Nama Allah, yaitu: יהוה – YHVH - Yod - He - Vav - He. Dan ada hubungannya dengan דָּם - DAM sisi fisik manusia.
Hewan/ binatang dan Tumbuhan mereka memiliki kehidupan, namun mereka tidak memiliki sisi spiritual, kehidupan mereka tidak terkoneksi secara hubungan yang erat dengan Allah Pencipta.
Jika ada orang yang membuang kebutuhan sisi fisik-nya. Dan dia hanya mengutamakan Allah, mementingkan faktor א - ALEF - אָלֶף -nya saja. Misalnya ada seorang yang meninggalka seluruh kesenangan duniawi, bertapa di gunung. Menyendiri, menjauhi perkumpulan dengan teman-temannya, keluarganya. Tidak menikah, sama sekali terlepas dari hal-hal kebutuhan sisi fisiknya. Apakah Anda pikir orang itu akan hidup berbahagia?
Tidak!
Dalam kehidupan manusia haruslah memenuhi 3 aksara seperti pada kata אָדָם - 'ADAM itu. Ada 2 elemen, yaitu sisi Spiritual (Alef), ada sisi ragawi/ fisikal (Dam). Itulah komposisi yang sempurna.
AYAH-LAH YANG MENENTUKAN GOLONGAN DARAH
Bicara mengenai "darah" ( דָּם - DAM). Darimanakah "darah" itu berasal? Dari Ayah. Sel telur dalam rahim seorang wanita tidak mengandung darah. Golongan darah seorang bayi ditentukan oleh kode genetik, ketika sel telur itu dibuahi. Darah bayi tidak pernah tercampur dengan darah ibunya selama ia berada dalam kandungan. Aliran darah mereka terpisah. Seorang bayi dapat saja memiliki golongan darah yang berbeda darin kedua orang tuanya. Seorang wanita dapat memiliki golongan dara Rh positif dan bayinya Rh negatif. Darah ibu memelihara janin melalui plasenta, tetapi darahnya tidak dapat memasuki urat nadi si bayi.
Dalam pola pikir Semitik, "dosa" itu adalah 'hutang'. Maka, "pengampunan dosa" menurut pola pikir orang Yahudi itu ibarat seseorang yang punya hutang tapi dianggap lunas. Dan, menurut Taurat, segala sesuatu disucikan dengan darah (Ibrani, דָּם - DAM) . Tanpa darah, tidak ada pengampunan:
Ibrani 9:22
LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.
TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσις
Translit interlinear, kai {dan} skhedon {hampir} en {dengan} haimati {darah} panta {segala} katharizetai {ditahirkan} kata {menurut} ton nomon {Hukum Taurat} kai {dan} khôris {tanpa} haimatekkhusias {penumpahan darah} ou {tidak} ginetai {terjadi} aphesis {pengampunan}
Ha-Berit,
וְכִמְעַט הַכֹּל יְטֻהַר בַּדָּם עַל־פִּי הַתּוֹרָה וְאֵין כַּפָּרָה בְּלֹא־שְׁפִיכַת דָּם׃
Translit interlinear, VEKIM'AT {dan hampir} HAKOL {semua} YETUHAR {dia ditahirkan} BADAM {dengan darah} AL-PI {menurut} HATORAH {hukum taurat} VE'EIN {dan tidak ada} KAPARAH {pengampunan} BELO {tanpa} -SHEFIKAT {penumpahan} DAM {darah}
Oleh karena itu Allah menyediakan tubuh dari daging dan darah dan datang ke dalam dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia.
Ibrani 10:5
LAI TB, Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki -- tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku --.
KJV, Wherefore when he cometh into the world, he saith, Sacrifice and offering thou wouldest not, but a body hast thou prepared me:
TR, διο εισερχομενος εις τον κοσμον λεγει θυσιαν και προσφοραν ουκ ηθελησας σωμα δε κατηρτισω μοι
Translit interlinear, dio {karena itu} eiserkhomenos {ketika masuk} eis {ke} ton kosmon {dunia} legei {Ia berkata} thusian {kurban} kai {dan} prosphoran {persembahan} ouk {tidak} êthelêsas {Engkau kehendaki} sôma {tubuh} de {tetapi} katêrtisô {Engkau telah menyediakan} moi {bagiku}
Allah datang datang ke dalam dunia karena selain dari Allah, tidak ada Juruselamat.
Yesaya 43:11
LAI TB, Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
KJV, I, even I, am the LORD; and beside me there is no saviour.
Hebrew,
אָנֹכִי אָנֹכִי יְהוָה וְאֵין מִבַּלְעָדַי מֹושִֽׁיעַ׃
Translit interlinear, 'ANOKHI {Aku} 'ANOKHI {Akulah} YEHOVAH {dibaca: 'Adonay, TUHAN} VE'EIN {dan tidak ada} MIBAL'ADAY {selain daripada-Ku} MOSHIA' {Juruselamat}
Maka, datanglah Allah ke dunia, Inkarnasi sebagai manusia Yesus Kristus.
BAGAIMANA DENGAN DARAH YESUS? SEHINGGA DARAH-NYA DIKATAKAN KUDUS, SEMPURNA?
BUKANKAH SEMUA MANUSIA TELAH BERDOSA, TAK TERKECUALI?
Bagaimana kita dapat mengetahui dengan pasti bahwa darah Yesus Kristus adalah tebusan yang sempurna? Darah Yesus Kristus tidak pernah tercampur dengan darah Maria, meskipun secara jasmani ia adalah ibu yang melahirkan Yesus Kristus. Yesus Kirstus juga tidak pernah menyebut Yusuf sebagai ayah-Nya. Kelahiran Yesus tidak disebabkan karena hubungan seksual laki-laki dan perempuan, bukan pula percampuran sel telur Maria dengan Roh Allah, seperti dalam beberapa penafsiran. KODE GENETIK Yesus Kristus ditentukan oleh Roh Kudus. Alkitab menulis bahwa Anak yang dikandung Maria adalah Roh Kudus. Darah yang mengalir dalam tubuh Yesus Kristus adalah kudus. Ini adalah darah yang berharga:
Lukas 1:35
LAI TB, Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, ANAK ALLAH.
KJV, And the angel answered and said unto her, The Holy Ghost shall come upon thee, and the power of the Highest shall overshadow thee: therefore also that holy thing which shall be born of thee shall be called the Son of God.
TR, και αποκριθεις ο αγγελος ειπεν αυτη πνευμα αγιον επελευσεται επι σε και δυναμις υψιστου επισκιασει σοι διο και το γεννωμενον αγιον κληθησεται υιος θεου
Translit Interlinear, kai {lalu} apokritheis {menjawab} ho {itu} aggelos {malaikat} eipen {berkata} autê {kepadanya} pneuma {Roh} hagion {Kudus} epeleusetai {akan datang} epi {atas} se {engkau,} kai {dan} dunamis {kuasa} hupsistou {Yang Mahatinggi} episkiasei {akan menaungi} soi {engkau;} dio {karena itu} kai {juga} to {yang} gennômenon {dilahirkan} hagion {Kudus} klêthêsetai {akan dipanggil} huios {Anak} theou {Allah}
Ha-Berit,
וַיַּעַן הַמַּלְאָךְ וַיֹּאמֶר אֵלֶיהָ רוּחַ הַקֹּדֶשׁ תָּבוֹא עָלַיךְ וּגְבוּרַת עֶלְיוֹן תָּצֵל עָלָיּךְ עַל־כֵּן קָדוֹשׁ יֵאָמֵר לַיִּלוֹד בֶּן־הָאֱלֹהִים׃
Translit interlinear, VAYA'AN {dan dia menjawab} HAMAL'AKH {malaikat itu} VAYOMER {dan dia berkata} 'ELEYHA {kepadanya} RUAKH HAQODESH {Roh Kudus} TAVO {Dia akan datang} 'ALAYKH {ke atasmu} UGEVORAT 'ELEYON {dan kuasa dari Yang Maha Tinggi} TATSEL {Dia akan menaungi} 'ALAYKH {ke atasmu} 'AL-KEN {oleh sebab itu} QADOSH {Kudus} YE'AMER {Dia disebut} LAYILOD {pada Anak itu} BEN-HA'ELOHIM {Sang Putera Allah}
Gelar Kudus ini bukan dalam istilah etika umum, semacam saleh, bersih, takut akan Allah, dekat dengan Allah dll. Melainkan kudusnya Allah, Sang Kudus, suatu sifat dasar Allah, tanpa dosa dan tanpa berbuat dosa, dan yang berasal dari Zat-Nya Allah sendiri. Alkitab juga dengan jelas menyebut Bayi yang dititipkan dalam kandungan Maria adalah Roh Kudus:
Matius 1:20
LAI TB, Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus
KJV, But while he thought on these things, behold, the angel of the LORD appeared unto him in a dream, saying, Joseph, thou son of David, fear not to take unto thee Mary thy wife: for that which is conceived in her is of the Holy Ghost.
TR, ταυτα δε αυτου ενθυμηθεντος ιδου αγγελος κυριου κατ οναρ εφανη αυτω λεγων ιωσηφ υιος δαβιδ μη φοβηθης παραλαβειν μαριαμ την γυναικα σου το γαρ εν αυτη γεννηθεν εκ πνευματος εστιν αγιου
Translit interlinear, tauta {(hal-hal) ini} de {tetapi} autou {dia} enthumêthentos {ketika memikirkan,} idou {perhatikanlah,} aggelos {Malaikat} kuriou {Tuhan} kat {didalam} honar {mimpi} ephanê {menampakkan dii} autô {kepada dia,} legôn {berkata,} iôsêph {Yusuf,} huios {anak (keturunan)} dabid {Daud} mê {janganlah} phobêthês {engkau merasa trakut} paralabein {untuk mengambil} mariam {Maria} tên gunaika {sebagai isteri} sou {mu,} to {(Anak yang)} gar {sebab} hen {didalam} autê {dia} gennêthen {terjadi/ dilahirkan} ek {dari} pneumatos {Roh} estin {yang} hagiou {Kudus}
Ha-Berit,
הוּא חשֵׁב כָּזֹאת וְהִנֵּה מַלְאַךְ יְהוָֹה נִרְאָה אֵלָיו בַּחֲלוֹם וַיֹּאמַר יוֹסֵף בֶּן־דָּוִד אַל־תִּירָא מִקַּחַת אֵת מִרְיָם אִשְׁתֶּךָ כִּי הַנּוֹצָר בְּקִרְבָּה מֵרוּחַ הַקֹּדֶשׁ הוּא׃
Translit interlinear, HU {dia} KHOSHEV {diaa sedang berfikir/ mempertimbangkan} KAZOT {hal ini} VEHINEH {dan lihat} MAL'AKH {malaikat} YEHOVAH (dibaca: 'Adonay, TUHAN) NIR'AH {menampakkan diri} 'ELAV {kepadanya} BAKHALOM {di dalam sebuah mimpi} VAYOMAR {dan Dia berfirman} YOSEF {yusuf} BEN-DAVID {anak daud} 'AL {janganlah} TIRA {engkau takut} MIQAKHAT {untuk mengambil} 'ET {pada} MIR'YAM {maria} 'ISHTEKHA {sebagai istri} KI {sebab} HANOTSAR {yang terjadi} BEQIR'BAH {pada kandungannya} MERUAKH {adalah dari Roh} HAQODESH {Yang Kudus} HU {Dia adalah}
Lebih jauh, Sang Kudus sebagai pusat kekudusan juga mampu dan siap menguduskan orang-orang. Mulai dari Maria, ibu-Nya. Maria menjadi kudus karena mengandung Bayi dari Sang Kudus, dan juga pengudusan bagi orang-orang yang dengan sepenuh hatinya meminta pengampunan kepadaNya. Gelar dengan hakekat ini tidak pernah bisa disandangkan kepada manusia. Hanya Tuhanlah yang kudus dari diri-Nya, dan tak satupun manusia itu kudus. "Kekudusan" manusia hanyalah perolehan dalam batas, batas tertentu.
Berbeda dengan apapun dan siapapun, kelahiran Yesus Kristus sungguh bukan kelahiran yang "muatannya" berasal dari fisik dunia. Ia tidak diciptakan dari debu dan tanah seperti Adam. Juga tidak dari tulang rusuk dunia seperti Hawa. Yesus Kristus tidak membawa gen-debu, bahkan gen ibu-Nya!
Maria bagaimanapun mewarisi gen Adam yang sudah cemar itu. Dan Inkarnasi Allah hanya pada Yesus Kristus, dan peristiwa Inkarnasi hanya berlangsung satu kali saja! Pernyataan ini bukan melecehkan sosok Maria. Perawan Maria adalah kudus, itu jelas, sebab dia menerima pengudusan dari Allah, sebab dia perempuan satu-satunya yang terpilih sebagai ibu bagi Allah yang inkarnasi.
Seorang manusia mewarisi kelompok faktor darah pada saat pembuahan, termasuk Maria ibu-Nya. Ilmu kedokteran menyatakan bahwa ada 15 golongan darah utama, tetapi kombinasinya tidak terhingga.
Darah Anda seperti sidik jari. Darah milik Anda sangat unik dan tidak sama dengan yang dimiliki orang lain. Melalui test DNA yang canggih dapat diketahui bahwa setiap manusia memiliki darah yang unik. Yesus Kristus hanya "diperanakkan" oleh Allah dalam inkarnasi-Nya. Oleh karena itu Ia tidak mewarisi kelompok faktor yang beraneka ragam dari nenek moyang manusiawinya baik melalui jalur Maria maupun Yusuf.
Ketika Roh Allah melingkupi Maria, darah yang ada dalam Yesus Kristus adalah Kudus dan tidak tercemar dengan gen manusia keturunan Adam. Alkitab berkata "MANUSIA PERTAMA BERASAL DARi DEBU TANAH DAN BERSIFAT JASMANI, MANUSIA KEDUA BERASAL DARI SORGA" (1 Korintus 15:47). Adam diciptakan. Yesus Kristus adalah Allah yang Inkarnasi ke Bumi (berasal dari sorga). Sedangkan bagaimanapun Maria adalah manusia biasa, lahir dari bapak dan ibu. Penyataan ini bukan merendahkan Maria. Maria adalah perempuan paling sempurna, dikuduskan Allah untuk mengandung Sang Kudus. Tidak bisa tidak Maria adalah satu-satunya perempuan kudus, dan dia layak mendapat sebutan "Bunda Allah," sebab demikianlah dia.
DALAM PERJANJIAN BARU:
PENGGENAPAN PENGAMPUNAN DENGAN DARAH
Darah (Yunani, αἷμα - HAIMA) di dalam PB. Ungkapan PL "DAGING DAN DARAH" menunjukkan hakiki manusiawi dalam kelemahan dan kedosaannya (Matius 16:17; 1Kor 15:50; Galatia 1:16 dan lain-lain). Salah satu theologumenon PB yang paling utama adalah Darah Kristus yang telah dicurahkan (Efesus 2:13; Ibrani 9:14 dan lain-lain). Seperti dulu PL secara tipologis dikukuhkan dengan Darah binatang kurban, demikian pula kini PB (anti-tipe nya) dikukuhkan dengan Darah Kristus (Markus 14:24 dsj; 1 Korintus 11:25).
Perjanjian Baru mengkonfirmasi bahwa pengampunan itu adalah dengan darah:
Ibrani 9:22,
PENGAMPUNAN.
KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.
TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσις
Translit interlinear, kai {dan} skhedon {hampir} en {dengan} haimati {darah} panta {segala} katharizetai {ditahirkam} kata {menurut} ton nomon {Hukum Taurat} kai {dan} khôris {tanpa} haimatekkhusias {penumpahan darah} ou {tidak} ginetai {terjadi} aphesis {pengampunan}
DARAH YESUS KRISTUS ADALAH DARAH PERJANJIAN UNTUK PENGAMPUNAN DOSA
Dan Yesus Kristus telah menggenapi tuntutan Taurat itu dengan cara mati, darah-Nya tertumpah di kayu salib.
Matius 26:28
SEBAB INILAH DARAH-KU, DARAH PERJANJIAN, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
Darah memperlengkapi kita dengan "segala yang baik":
Ibrani 13:20-21
13:20 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,
13:21 kiranya memperlengkapi kamu dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya, dan mengerjakan di dalam kita apa yang berkenan kepada-Nya, oleh Yesus Kristus. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin.
Darah Berbicara tentang cara hidup yang Baru:
1 Petrus 1: 18-19
1:18 Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
1:19 melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.
Dalam PB darah Yesus Kristus menandakan kuasa kematian-Nya untuk menebus dosa. Dengan demikian, ketaatan dalam kehidupan dan kematian-Nya menjadi dasar bagi perjanjian baru (1 Korintus 11:23-29). Perkataan Yesus pada ayat 25, "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku", merupakan catatan tertua dalam PB mengenai apa yang dilakukan dan dijelaskan Yesus pada Perjamuan Tuhan.
Darah merupakan harga yang dipakai Kristus untuk membebaskan orang dari dosa-dosa (Efesus 1:7), Harga yang tunai untuk mendamaikannya dengan Tuhan (Roma 3:25), menguduskannya (Ibrani 13:12) dan membenarkannya (Roma 5:9). Persekutuan dalam Darah Kristus (Yohanes 6:54-56; 1 Korintus 10:16) adalah suatu ungkapan tentang hubungan orang dengan Kristus yang akrab sekali (Perjamuan malam). Di situlah pandangan PL tentang persaudaraan oleh Darah antara Allah dengan manusia menemukan kenyataannya yang terakhir.
Pemberitaan Rabbi Saul kemudian menambahkan perintah Yesus agar upacara peringatan itu selalu diulangi. Minum dari cawan perjanjian baru berarti dipersekutukan dengan domba Paskah yang telah yang telah dikorbankan dan mati bagi kita (1 Korintus 5:7). Hal ini diberikan Yesus Kristus kepada para pengikut-Nya untuk memelihara hubungan dengan Dia yang telah mati di atas salib dan bangkit dalam kehidupan baru pada hari raya Paskah.
PENGAMPUNAN DENGAN MENGGUNAKAN DARAH
Menurut ajaran Yahudi, perlu darah untuk pengampunan dosa, apakah Allah memiliki tubuh dan darah?
Ibrani 9:22
LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.
TR, καὶ σχεδὸν ἐν αἵματι πάντα καθαρίζεται κατὰ τὸν νόμον καὶ χωρὶς αἱματεκχυσίας οὐ γίνεται ἄφεσις
Translit interlinear, kai {dan} skhedon {hampir} en {dengan} haimati {darah} panta {segala} katharizetai {ditahirkan} kata {menurut} ton nomon {Hukum Taurat} kai {dan} khôris {tanpa} haimatekkhusias {penumpahan darah} ou {tidak} ginetai {terjadi} aphesis {pengampunan}
OJB, Indeed, according to the Torah, almost everything is metohar (purified) by dahm, and without a kapporah by means of shefach dahm (the shedding of blood) there is no selicha (forgiveness).
Ha-Berit,
וְכִמְעַט הַכֹּל יְטֻהַר בַּדָּם עַל־פִּי הַתּוֹרָה וְאֵין כַּפָּרָה בְּלֹא־שְׁפִיכַת דָּם׃
Translit interlinear, VEKIM'AT {dan hampir} HAKOL {semua} YETUHAR {dia ditahirkan} BADAM {dengan darah} AL-PI {menurut} HATORAH {hukum taurat} VE'EIN {dan tidak ada} KAPARAH {pengampunan} BELO- {tanpa} SHEFIKAT {penumpahan dari} DAM {darah}
Oleh karena itu Allah menyediakan tubuh dari daging dan darah dan datang ke dalam dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia.
ALLAH MENGHENDAKI DARAH DAN DAGING YESUS KRISTUS
Ibrani 10:5
LAI TB, Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: 'Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki tetapi ENGKAU TELAH MENYEDIAKAN TUBUH BAGIKU.
KJV, Wherefore when he cometh into the world, he saith, Sacrifice and offering thou wouldest not, but a body hast thou prepared me:
TR, Διὸ εἰσερχόμενος εἰς τὸν κόσμον λέγει Θυσίαν καὶ προσφορὰν οὐκ ἠθέλησας σῶμα δὲ κατηρτίσω μοι
Translit interlinear, dio {karena itu} eiserkhomenos {ketika masuk} eis {ke} ton kosmon {dunia} legei {Ia berkata} thusian {kurban} kai {dan} prosphoran {persembahan} ouk {tidak} êthelêsas {Engkau kehendaki} sôma {tubuh} de {tetapi} katêrtisô {Engkau telah menyediakan} moi {bagiku}
OJB, Therefore, when he comes into the Olam Hazeh, he says "ZEVACH UMINCHAH LO CHAFATZTA ("sacrifice and offering" Ps 40:7 (6) You did not desire but a body you prepared for me; (Ps 39:7 TARGUM HA-SHIVIM)
Ha-Berit,
וְעַל־כֵּן אֹמֵר בְּבוֹאוֹ לָעוֹלָם זֶבַח וּמִנְחָה לֹא חָפַצְתָּ גְּוִיָּה כּוֹנַנְתָּ לִּי׃
Translit interlinear, VE'AL-KEN {dan oleh sebab itu} 'OMER {dia berkata} BEVO'O {pada kedatangan-Nya} LA'OLAM {ke dunia} ZEVAKH {korban} UMIN'KHAH {dan persembahan} LO {tidak} KHAFATS'TA {Engkau menghendaki} GEVIYAH {tubuh} KONANETA {Engkau memberikannya} LI {kepadaku}
(Band. Mazmur 40:7)
Allah sendiri datang ke dalam dunia karena selain dari Dia tidak ada Juruselamat.
Yesaya 43:11
LAI TB, Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
KJV, I, even I, am the LORD; and beside me there is no saviour.
Hebrew,
אָנֹכִי אָנֹכִי יְהוָה וְאֵין מִבַּלְעָדַי מֹושִֽׁיעַ׃
Translit interlinear, 'ANOKHI {Aku} 'ANOKHI {Akulah} YEHOVAH {dibaca: 'Adonay, TUHAN} VE'EIN {dan tidak ada} MIBAL'ADAI {selain-lainnya daripada-Ku} MOSHIA' {Juruselamat}
Jika Allah Anda berkuasa, 'ngapain repot-repot 'mengutus Muhammad, toh Dia bisa membuat seluruh umat manusia bertobat seketika?
PENJELASAN KEMATIAN YESUS :
KEMATIAN KURBAN DAN DARAH PERJANJIAN UNTUK PENGAMPUNAN DOSA
Kematian Yesus bukanlah kematian “martir” yang bermakna “mati demi mempertahankan kebenaran dan bertahan terhadap pemaksaan dari musuh-musuh Tuhan hingga akhir hayatnya”. Seseorang bisa saja menjadi martir “sebagai tanda cinta kepada Tuhan dan kebenaranNya”, sehingga ia dibunuh dalam kemartiran dimana Tuhanlah yang menjadi pusat pembaktiannya.
Namun kematian Yesus adalah KEMATIAN-KURBAN, dimana seseorang merelakan jiwanya sendiri untuk dikorbankan (masih bisa dihindari , tetapi ia merelakan) demi kasih yang begitu besar untuk menyelamatkan jiwa-jiwa orang yang dikasihinya. Inilah sebuah kematian “tukar-guling” yang merupakan “win-win solution” (semua pihak diuntungkan) demi menebus kematian para kekasihnya.
Jenis kematian diatas, total berlandaskan kasih, dan tidak diselewengkan dengan dalil-dalil manusia yang melekatkan kebencian dan dendam atas nama Tuhan atau ‘perjuangan’ :
1 Korintus 13:3
LAI TB, Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.
KJV, And though I bestow all my goods to feed the poor, and though I give my body to be burned, and have not charity, it profiteth me nothing.
TR, και εαν ψωμισω παντα τα υπαρχοντα μου και εαν παραδω το σωμα μου ινα καυθησωμαι αγαπην δε μη εχω ουδεν ωφελουμαι
Translit. interlinear, kai {dan} ean {jikalau} psômisô {aku mendermakan/ membagikan} panta {semua} ta {(barang-barang) yang} huparkhonta {menjadi milik} mou {ku} kai {lalu} ean {jikalau} paradô {aku menyerahkan} to sôma {tubuh} mou {ku} hina {supaya} kauthêsômai {aku menyombongkan diri} agapên {kasih} de {tetapi} mê {tidak} ekhô {aku mempunyai} ouden {sama sekali tidak} ôpheloumai {aku diberi faedah}
Yakobus 1:20
LAI TB, sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.
KJV, For the wrath of man worketh not the righteousness of God.
TR, οργη γαρ ανδρος δικαιοσυνην θεου ου κατεργαζεται
Translit interlinear, orgê {kemarahan} gar {sebab} andros {manusia} dikaiosunên {kebenaran} theou {Allah} ou {tidak} katergazetai {melakukan/ menghasilkan}
He-berit,
כִּי־כַעַס אָדָם לֹא יִפְעַל צִדְקַת אֱלֹהִים׃
Translit interlinear, KI- {sebab} KHA'AS {kemarahan} 'ADAM {manusia} LO {tidak} YIF'AL {mengerjakan/ menghasilkan} TSIDEQAT {kebenaran dari} ELOHIM Allah
Qur’an tampaknya tidak mengenal kematian kurban, dari situlah dapat kita pahami seringkali kita mendapat pertanyaan-pertanyaan atau bahkan serangan-serangan yang memojokkan, tuduhan bahwa Yesus tidak mungkin mati disalib. Namun jika Anda jeli sesungguhnya QS 19:33 tersurat nubuat Yesus (Isa) akan kematian kurban bagi dirinya dan kebangkitannya.
Kematian kurban itu sudah dinubuatkan dalam Perjanjian Lama dalam Yesaya 52:13 sampai dengan Yesaya 53:1-12 dengan judul perikop HAMBA TUHAN YANG MENDERITA. Dituliskan tentang kedatangan seorang Hamba yang akan berkorban, dinubuatkan sejak awal bahwa Ia akan menderita, dihina, dianiaya dan mati sebagai korban tebusan bagi umat yang seharusnya dihukum mati karena dosa-dosanya.
Yesus Kristus sendiri berkata dalam :
Lukas 24:26
semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?
KJV, Ought not Christ to have suffered these things, and to enter into his glory?
TR, ουχι ταυτα εδει παθειν τον χριστον και εισελθειν εις την δοξαν αυτου
Translit. interlinear, oukhi {bukankah} tauta {(hal-hal) ini} edei {harus} pathein {menserita} ton khriston {Mesias/ Kristus} kai {lalu/ kemudian} eiselthein {masuk} eis {ke dalam} tên doxan {kemuliaan} autou {-Nya}
Jadi, berlainan dengan martir, kematian Yesus tidak ada hubungannya dengan emosi, kebencian atau karena iming-iming mendapat upah surgawi malainkan justru bertujuan membayar harga tebusan yang dapat langsung menyelamatkan jiwa umatNya. Dan kematian-kurban ini dinyatakan dalam perkataan Yesus sendiri :
Yohanes 10:11,17-18
10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik MEMBERIKAN NYAWANYA BAGI DOMBA-DOMBANYA
MENURUT KEHENDAK-KU SENDIRI. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.
Tanya :
Hujah Shabir yang agak popular untuk menafikan keselamatan harus ada penumpahan darah adalah dengan mengutip ayat ini:
Imamat 5:11
Tetapi jikalau ia tidak mampu menyediakan dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, maka haruslah ia membawa sebagai persembahannya karena dosanya itu sepersepuluh efa tepung yang terbaik menjadi korban penghapus dosa. Tidak boleh ditaruhnya minyak dan dibubuhnya kemenyan di atasnya, karena itulah korban penghapus dosa.
Menurutnya, sekiranya boleh menggunakan tepung sebagai korban penghapus dosa, jadi ini jelas menunjukkan bahawa korban penghapusan dosa tidak semestinya harus ada penumpahan darah.
Apa pendapat Anda dalam hal ini?
JAWAB :
Perlu kita pahami bahwa Imamat 5:11 tidak membatalkan ketentuan "pertumpahan darah" sebagaimana yang tertulis dalam :
Ibrani 9:22,
LAI TB, Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan.
KJV, And almost all things are by the law purged with blood; and without shedding of blood is no remission.
TR, και σχεδον εν αιματι παντα καθαριζεται κατα τον νομον και χωρις αιματεκχυσιας ου γινεται αφεσις
Translit, kai {dan} skhedon {hampir} en {dengan} haimati {darah} panta {semua/ segala sesuatu} katharizetai {ditahirkan} kata {menurut} ton nomon {hukum taurat} kai {dan} khôris {tanpa} haimatekkhusias {pertumpahan darah} ou {tidak} ginetai {ada/ terjadi} aphesis {pengampunan}
Ketentuan Korban penghapusan dosa/kesalahan/pelanggaran keseluruhannya adalah dengan "menumpahkan darah". Dalam Imamat dicatatat macam-macam korban sbb :
- Korban bakaran (Imamat 1:1-17); darah
- Korban Sajian (Imamat 2:1-16) ; tepung/ minyak
- Korban Kedamaian/keselamatan (Imamat 3:1-17) ; darah
- Korban Penghapusan Dosa (Imamat 4:1-35) ; darah
- Korban Pelanggaran (Imamat 5:1-13) ; darah, (orang miskin boleh memakai tepung dibakar diatas korban "darah" binatang orang lain).
- Korban penebus salah (Imamat 5:14-19; 6:1-7) ; darah
Khusus untuk Korban Pelanggaran, Imamat 5:11 Musa memberikan kelonggaran bagi orang yang sangat miskin yang tidak mampu membeli korban ternak atau burung: Korban binatang ini boleh diganti dengan "korban sajian". Korban itu dipersembahkan tanpa minyak dan tanpa kemenyan. Kita baca ayat selanjutnya, sbb :
Imamat 5:12-13
5:12 Lalu haruslah itu dibawanya kepada imam dan imam itu haruslah mengambil dari padanya segenggam sebagai bagian ingat-ingatannya, lalu membakarnya di atas mezbah di atas segala korban api-apian TUHAN; itulah korban penghapus dosa.
5:13 Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya dalam salah satu perkara itu, sehingga ia menerima pengampunan. Selebihnya adalah bagian imam, sama seperti korban sajian."
Selanjutnya segenggam dipersembahkan sebagai 'ingat-ingatan' itu dibakar diatas mezbah di atas segala korban api-apian TUHAN. Maksudnya korban sajian pengganti darah ini dibakar diatas "korban pertumpahan darah" yang sudah berada diatas mezbah (korban persembahan orang lain yang menggunakan "darah"). Perbuatan ini dengan jelas memberikan kepada persembahan dari si-miskin itu suatu nilai sebagai "korban berdarah", karena korban dari si miskin ini dicampur dengan korban-korban api-apian yang telah berada diatas Mezbah.
Karena itu korban dari si miskin ini dapat disebut sebagai "korban penghapus dosa", dan dengan mempersembahkan korban itu, imam mengadakan pendamaian bagi orang miskin itu karena dosanya.
Dengan cara demikian, apa yang tampaknya bertentangan/ kontradiksi dengan Ibrani 9:22 benar-benar bukan kontradiksi/ kekecualian "tanpa darah". Tetapi ini justru menjadi azas pengganti sebagai wakil, yang menjadi bahan pokok dari upacara korban untuk menggambarkan dan meneguhkan.
Imamat 17:11
Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.
Jadi, darah memang sudah ditetapkan bagi bangsa Israel sebagai sarana pendamaian, karena darah adalah nyawa, dan dengan memberikan darah (nyawa) binatang korban, manusia yang bersangkutan digantikan posisinya dan didamaikan dengan Tuhan.
Karena itu, darah adalah tidak boleh dimakan oleh orang Yahudi dan orang Kristen sampai saat ini, dan bahkan Muslim pun tidak boleh, karena dilarang dalam Quran, meskipun dalam Quran tidak disebutkan alasannya.
Logika dlm Ibr 9:22 berbeda dgn Im 17:11.
Ibr 9:22 mengatakan tidak ada pengampunan tanpa pertumpahan darah.
Im 17:11 mengatakan darah dalam tubuh korban dimaksudkan untuk mengapuni dosa.
Tidak ada indikasi dlm ayat Imamat bahwa darahb merupakan satu2nya cara untuk mendapat pengampunan. Imamat konsisten dengan pernyataan ini, karena korban untuk menebus dosa bagi orang yang tak mampu, adalah tepung yang tak berdarah. Contoh lain adalah, warga Niniwe yang diampuni Tuhan karena bertobat,berdoa dan berpuasa. Raja Daud, mengakui kesalahannya dan seketika itu nabi Nathan langsung menyampaikan bahwa dosanya diampuni. Daniel mengartikan mimpi raja Nebukadnesar tentang pohon yang lebat dan memberikan anjuran, untuk berbuat baik dengan memperhatikan orang2 kecil, agar dosa2nya diampuni.
Perjanjian lama sangat kosisten dengan Im 17:11,karena dlm konteksnya ayat ini bukan ttg pengampunan dosa, melainkan ttg larangan makan darah, yaitu karena fungsi darah adalah untuk menebus dosa (bukan dikonsumsi). Tidak ada yg mendasari Ibr 9:22,itu merupakan teologi ciptaan si penulis. Dengan jelas Tuhan tidak menyukai korban penebusan dosa, Tuhan mengutamakan pertobatan.
Ada persamaannya :
umat PL beriman darah korban tersebut menghapuskan dosa
umat PB beriman darah Yesus menghapuskan dosa
iman kepada darah itulah yang diperhitungkan Tuhan
jikalau baik umat PL atau PB tidak beriman kepada darah tersebut atau tidak percaya darah tersebut bisa menghapus dosa mereka, maka tak ada manfaatnya sama sekali
Inti dari Imamat 17:11 adalah bahwa darah diberikan Tuhan sebagai sarana pendamaian manusia yang berdosa dengan Tuhan. Jadi saya rasa ini adalah dasar atau fondasi dari ayat Ibrani itu. Mengapa darah digunakan untuk pengampunan dosa? Ya karena dalam darah ada nyawa dan bahwa hal itu sudah ditetapkan sebagai hukum dan aturan oleh Tuhan Allah sendiri. Perincian hukumnya ada banyak dalam Imamat, tetapi dasar dari hukum-hukum itu ya ayat imamat ini. Bahwa darah adalah sarana pendamaian.
Memang pada dasarnya Tuhan tidak menghendaki persembahan, sebagaimana tertulis dalam Mazmur dan Ibrani, dan lebih menghendaki pertobatan. Akan tetapi, Tuhan sudah memberikan hukum itu kepada Israel, dan sekali Tuhan memberikan hukum, hukum itu tetap dan harus digenapi. Hukum tentang penghapusan dosa dan penebusan salah dengan darah sudah ditetapkan, maka hukum itu terus dijalankan oleh bangsa Israel selama beribu-ribu tahun.
Darah juga selalu digunakan untuk memeteraikan perjanjian Allah dengan umat-Nya. Seperti tertulis di:
Keluaran 24:8
8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: "Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini."
Itulah Perjanjian yang Lama antara Allah dengan Israel. Tetapi karena Israel gagal memenuhi perjanjian itu, Tuhan berjanji memberikan Perjanjian yang Baru, seperti dalam Yeremia 31:31-34
31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,
32 bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN.
33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."
PERJANJIAN YANG BARU ITU DIMETERAIKAN DENGAN DARAH YESUS KRISTUS:
Matius 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.
Markus 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.
Pengampunan untuk Niniwe bukanlah pengampunan berdasarkan perjanjian. Itu adalah pengampunan untuk suatu masa saja, yaitu keadaan waktu itu. Tuhan melihat mereka jahat, lalu akan menghancurkan kota itu, tetapi memperingatkan mereka dahulu. Ternyata mereka bertobat, ya sudah diampuni. Jadi pengampunan itu hanyalah untuk rencana Allah menghancurkan kota itu. Apakah cerita itu menyebutkan pengampunan untuk dosa-dosa yang lain? Dosa-dosa yang pasti terus menerus dilakukan oleh orang-orang di dalamnya? Tidak, tetapi hanya menceritakan tentang Allah membatalkan rencananya. Selama kejahatan mereka tidak luar biasa, Tuhan tidak akan menghancurkan mereka. Seperti dalam kisah Sodom dan Gomora. Abraham menawar kepada Tuhan sampai titik terendah, kalau ada 10 saja orang benar, apakah Tuhan tidak akan memusnahkan kota itu? Tuhan menjawab, Ya (Kejadian 18:32). Tetapi nyatanya orang yang benar tidak sampai 10, ya sudah dihancurkanlah kota itu.
Jadi yang membuat dosa2 diampuni adalah 'pertobatan'nya atau 'darah'nya?
Iya. Berlaku untuk umat yang punya perjanjian, yaitu mereka yang percaya kepada Perjanjian Baru antara Allah dengan manusia itu. Kalau tidak percaya dengan perjanjian yang baru itu, ya silakan, nanti menghadap takhta pengadilan Allah dengan bekal sendiri :-))
Yang jelas, Yesus sudah bersabda:
Yohanes 3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
Jadi pada dasarnya semua manusia itu sudah berada di bawah hukuman. Apa hukuman itu? Terpisah dari Allah. Sejak Adam dan Hawa berdosa dan diusir dari Eden dan DARI HADAPAN TUHAN (ini justru yang penting). Maka semua keturunannya hidup tidak lagi di hadirat Tuhan. Menurut saya barangkali itulah dosa warisan yang sebenarnya. Yaitu status atau keadaan terpisah dari Allah. Itulah hukuman itu. Kristus membawa pendamaian yaitu manusia yang sudah terpisah dari Allah itu akan didamaikan lagi dengan Allah, sehingga mereka akan mengenal Allah kembali. Pendamaian itu harus dilakukan menurut hukum pendamaian dengan Allah yang sudah Dia tetapkan, yaitu dengan darah, tetapi kali ini dengan darah yang kudus, dan karena itu cukup dilakukan sekali, bukan setiap tahun bukan setiap kali, tetapi cukup satu kali untuk selamanya. Dan kita manusia yang hidup di bawah kutuk dosa, kita tinggal percaya dengan iman kepada korban pendamaian yang sejati itu, maka kita akan didamaikan kembali dengan Allah dan merasakan kembali hadirat Allah yang sesungguhnya.